Lomba-Lomba Non-PKM Tak Sekedar Jadi Penggembira PIMNas

Juli 11, 2012 oleh : BHP UMY

Pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNas) setiap tahunnya, selalu diselenggarakan sejumlah lomba-lomba pendukung. Meskipun Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) menjadi primadona dan ajang adu intelektualitas utama, Lomba-lomba pendukung ini diadakan tidak sekada sebagai penggembira saja.

Demikian dikatakan Sri Sudarsi, S.S., M.InT, panitia lomba Non-PKM PIMNAS 25 yang diadakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) hingga tanggal 14 Juli mendantang. Ia menjelaskan, acara pendidikan memang tidak selamanya harus dilaksanakan dengan suasana yang serius.

Sri mencontohkan salah satu lomba yang diadakan, lomba karikatur. Lomba karikatur mengangkat 3 tema utama, yaitu Kebangkitan Pendidikan Indonesia, Kemandirian Bangsa, serta Partisipasi Pelajar dan Mahasiswa Terhadap Lingkungan. “Selain belajar dengan cara yang senang dan ringan, para peserta diajak memahami tiga tema yang memiliki makna yang sangat mendalam ini,” jelasnya.

Sebanyak 10 peserta dari berbagai macam perguruan tinggi dari dalam maupun luar Jawa. Para peserta kebanyakan berasal dari perguruan tinggi yang PKMnya lolos di PIMNas kali ini. “Selain untuk memeriahkan, kami juga ingin menumbuhkan semangat positif dari para pelajar dan mahasiswa pada ketiga bidang itu, bidang pendidikan, bangsa, dan kepedulian mereka terhadap lingkungan,” tuturnya.

Sejumlah peserta dari berbagai macam universitas di Indonesia mengikuti lomba karikatur dalam rangkaian acara Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 25 yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) hingga Sabtu (14/7) besok. “Selain untuk memeriahkan, kami juga ingin menumbuhkan semangat positif dari para pelajar dan mahasiswa pada ketiga bidang itu, bidang pendidikan, bangsa, dan kepedulian mereka terhadap lingkungan,” tuturnya.

Selain pawai PIMNASserta lomba karikatur, 5 macam perlombaaan lainnya juga ikut mewarnai ajang bergengsi ini. Perlombaan itu terdiri dari lomba Fotografi, Debat Bahasa Inggris, Debat Bahasa Arab, Kaligrafi, dan Mural yang dipusatkan di gedung D Fakultas Ekonomi UMY dan di sekitarnya.

Sharing is caring!