LKTI Buka Rangkaian Semarak Teknik 2017

April 18, 2017 oleh : BHP UMY

Dalam rangka menyemarakkan Milad Fakultas Teknik, Badan Eksekutif Mahasisa Keluarga Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (BEM KM FT UMY) menyelenggarakan Semarak Teknik 2017. Rangkaian agenda Semarak Teknik 2017 dimulai dengan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat SMA.

LKTI sendiri dilaksanakan selama dua hari sejak Senin hingga Selasa (17-18/05) di Ruang Stadium General FT UMY. Menurut keterangan ketua Panitia Semarak Teknik 2017, Nurtia Amanda, peserta LKTI merupakan 10 kelompok yang berhasil lolos pada tahap penyeleksian karya tulis ilmiah. “Masing-masing kelompok terdiri dari 3 hingga 4 siswa atau siswi SMA sederajat. Setelah mereka lolos seleksi karya, mereka kemudian mempresentasikannya di hadapan juri,” ujar Nurtia.

Mahasiswi program studi Teknik Sipil tersebut mengatakan bahwa peserta lomba tidak hanya berasal dari SMA sederajat di Daerah Istimewa Yogyakarta saja. “Banyak peserta yang berasal dari luar Jogja. Mereka antara lain berasal dari SMA 10 Samarinda, SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo, SMA Kebon Dalem Semarang, SMAN 5 Denpasar, SMTI Yogyakarta, SMAN 6 Yogyakarta, SMA N Plandaan, SMA Santa Maria Surabaya, SMAN 5 Bulukumba, dan MAN 3 Kendiri,” ujar Nurtia.

Ditambahkan Nurtia, tema yang diberikan kepada para peserta LKTI ialah ‘Peran Pemuda dalam Melestarikan Lingkungan dan Menciptakan Inovasi Teknologi Ramah Lingkungan Untuk Masa Depan.’ Kemudian, dari total 10 kelompok yang melakukan presentasi akan diambil 3 juara. Para juara masing-masing akan mendapatkan hadiah berupa piala dan uang pembinaan.

Pada agenda Semarak Teknik 2017 yang akan diadakan hingga 6 Mei mendatang, ada beberapa rangkaian acara. Selain LKTI, ada pula kegiatan Seminar Nasional pada 24 April, Donor Darah pada 26 April, dan Pameran hasil karya mahasiswa FT UMY pada 6 Mei. Pada agenda Seminar Nasional akan menghadirkan pembicara yakni Rudi Suardi, S.T. (QHSE System and Compliance Senior Manager PT Adaro Energy) dan M. Riza Deliansyah, S.T., MM. (Head of ESR Division PT Astra International).

Selaku ketua panitia, Nurtia berharap agenda yang diadakan setiap tahunnya akan mampu meningkatkan kekompakan antar mahasiswa Fakultas Teknik UMY. “Kami berharap agenda ini akan mampu mempererat antar mahasiswa di Fakultas Teknik UMY, karena mahasiswa FT ini terdiri dari 4 program studi yang berbeda yakni Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknologi Informasi,” tutup Nurtia (deansa)

Share thisShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0