Liga Free Flight Series 2 Resmi Dibuka

Maret 17, 2017 oleh : BHP UMY

Perlombaan aero modelling (menerbangkan pesawat tanpa awak) Liga Free Flight Series 2 resmi dibuka oleh Direktur Program Vokasi UMY, Dr. Sukamta, M.T. dan juga Ketua Pordirga (Persatuan Olahraga Dirgantara) Aero modelling FASI (Federasi Aero Sport Indonesia), Kapten Tek. Wahyono S.Sos di Landasan Udara Gading, Wonosari, Gunungkidul pada Jum’at (17/3). Sebanyak total 206 peserta berpartisipasi dalam perlombaan ini, dari mulai peserta tingkat SD, SMP,SMA, mahasiswa dan masyarakat umum. Pembukaan Liga Free Flight Series 2 ini juga dimeriahkan oleh atraksi terjun payung Detasemen Pertahanan Pashkas AU Adisucipto dan pesawat trik dari Jogja Aeromodeling Club.

Bupati Gunungkidul yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Sudodo, MM menyatakan dirinya menyambut baik adanya Kompetisi Free Flight yang berlokasi di Gunungkidul ini. “Kami menyambut secara positif kegiatan ini. Harapan kami kegiatan semacam ini menjadi ajang kreatif bagi pegiat aero modelling di seluruh Indonesia,”jelasnya.

Sudodo berharap ajang ini akan dapat menyedot animo masyarakat Gunungkidul dan wisatawan baik dalam maupun di luar daerah Yogyakarta “Kompetisi ini sangat layak untuk ditonton. Tentunya Lanud Gading sangat cocok menyelenggarakan event ini. Kegiatan ini saya harap bisa jadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar aero modelling dan wisatawan di seluruh Indonesia untuk datang ke Gunung kidul,”imbuhnya lagi.

Dr. Sukamta, M.T, Direktur Program Vokasi UMY, mengapresiasi segala usaha panitia dan dukungan berbagai pihak yang telah membantu terselenggaranya perlombaan tersebut. “Kami apresiasi semua panitia dan pihak yang membantu. Pasalnya ini salah satu event pertama yang kami selenggarakan karena program vokasi terbilang masih muda usianya di UMY. Kami juga menggandeng FASI dalam acara ini dan dapat dukungan penuh darinya,”ujarnya.

Dirinya berharap acara Liga Free Flight series 2 dapat mengenalkan olahraga dirgantara kepada masyarakat pada umumnya dan berharap makin banyak prestasi di bidang aero modelling. “Kami harap melalui ajang ini, olahrahga dirgantara lebih berkembang pesat dan dikenal oleh masyarakat umum. Selanjutnya juga melalui ajang ini menunjukkan eksistensi club-club aero modelling di Indonesia. Semoga, Indonesia makin banyak mendapat prestasi di bidang Aero modelling,”jelasnya.

Liga Free Flight series 2 berlangsung dari 16 hingga 19 Maret 2017 mendatang dan bertemakan “UMY Glider Competition” yang merupakan pertama kalinya diadakan oleh UMY. Acara ini didukung penuh oleh FASI (Federasi Aero Sport Indonesia) dan TNI AU. Terdapat tiga mata lomba yang dilombakan yaitu, Out Hand Launched Glider (OHLG), F1H Glider Tarik Terbang Bebas, dan F1A Glider Tarik Terbang Bebas. (bagas)