Kunjungi Prodi KG, Mahasiswa Tokushima University Terkesan dengan Sistem Skill Lab di UMY

Maret 14, 2017 oleh : BHP UMY

Lima mahasiswa Program Studi Kedokteran Gigi asal Tokushima University melakukan kunjungan ke prodi KG UMY selama kurang lebih dua minggu. Dalam kunjungan bertajuk short course tersebut, mereka mengungkapkan kagum atas banyaknya praktik skill lab yang dilakukan oleh mahasiswa KG di UMY.

Saat di wawancarai di ruang Osche prodi KG UMY, Selasa (14/3), Tanaka Toshiyaki, salah satu mahasiswa asal Tokushima University mengaku terkesan berkesempatan melakukan pertukaran pelajar ke UMY. “Jumlah dosen di UMY saya rasa memang lebih sedikit, bila dibandingkan dengan universitas kami. Namun meski demikian, mahasiswa di KG UMY lebih banyak diberikan kesempatan untuk melakukan praktik seperti skill lab. Sedangkan di universitas kami praktik seperti ini jumlahnya lebih sedikit. Menurut saya ini sangat penting dilakukan, terutama sebelum menjadi seorang dokter gigi,” jelas Tanaka.

Profesor dari Tokushima University, Yoichiro Miyake, menambahkan bahwa ini akan semakin mengembangkan kerjasama antar kedua belah institusi. “Saat awal menjalin kerjasama pada 2011 antar UMY dengan Tokushima University hanya antar program studi Kedokteran Gigi saja. Namun sekarang sudah merambah ke Fakultas Teknik juga. Bila dengan Fakultas Teknik, kami pernah mengirim dosen untuk mengajar di UMY selama 1 bulan,” jelas Miyake.

Kunjungan Miyake ke UMY disebutkan akan menjadi kunjungan kerjanya yang terakhir, karena dirinya akan pensiun pada beberapa bulan mendatang. Miyake sendiri merupakan profesor Tokushima University yang menjembatani awal kerjasama kampus Jepang tersebut dengan UMY. “Meskipun nanti saya akan retire, tetapi kerjasama antar kedua institusi akan tetap dilanjutkan. Saya berharap akan semakin banyak mahasiswa UMY yang melakukan student exchange ke Tokushima University. Begitu pula sebaliknya,” jelas Miyake.

Meskipun hingga saat ini kerjasama antar kedua belah pihak baru sebatas pertukaran pelajar saja, namun Miyake mengungkapkan akan memperlebar kerjasama pada bidang riset. “Kita akan mencoba mengembangkan kerjasama pada kolaborasi riset. Selain itu juga akan mencoba pada pertukaran staff atau dosen. Selama ini hospitality yang dilakukan oleh pihak UMY sangat baik, sehingga mahasiswa kami yang belajar di UMY juga merasa puas,” tutup Miyake. (deansa)