Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik. Program ini diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sejak tahun 2012.

Bantuan biaya pendidikan diberikan sejak calon mahasiswa dinyatakan diterima di perguruan tinggi selama 8 semester untuk program sarjana (S1). Beasiswa ini berupa pembebasan dari seluruh biaya pendidikan selama di perguruan tinggi. Selain itu, mahasiswa penerima beasiswa juga menerima bantuan uang saku untuk biaya hidup yang diterimanya setiap 3 bulan sekali.

Persyaratan Calon Penerima

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Siswa SMA/SMK/MA/MAK dan sederajat lulus pada tahun ajaran 2018/2019 dan 2017/2018
  3. Wajib terdaftar di sistem Bidikmisi
  4. Mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  5. Belum pernah ditetapkan sebagai penerima beasiswa Bidikmisi di Perguruan Tinggi penyelengara Bidikmisi di tahun ajaran sebelumnya.
  6. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun
  7. Pendaftar memilih salah satu program studi di UMY yang masuk dalam kuota Bidikmisi
  8. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria sebagai berikut :
  • Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp 4.000.000,- per bulan. Pendapatam yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. Untuk pekerjaan non formal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata-rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir.
  • Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp 750.000,-setiap bulannya.
  1. Pendidikan orangtua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4
  2. Berpotensi akademik baik, yaitu direkomendasikan sekolah.

Jadwal Pendaftaran dan Seleksi

Waktu Kegiatan Keterangan
06 Mei – 22 Juni 2019 Pendaftaran secara online paling lambat tanggal 22 Juni 2019 pukul 24.00 WIB Pendaftaran bisa dilakukan secara online di https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/
03 Juli 2019 Pengumuman lolos seleksi tahap I Pengumuman di www.umy.ac.id
11 Juli 2019 pukul 07.30 WIB Seleksi Tahap II ;

1.      Verifikasi data

2.      Seleksi Computer Based Test (CBT)

3.      Bahasa Inggris

4.      Wawancara

Peserta datang ke UMY membawa berkas asli
17 Juli 2019 Pengumuman lolos seleksi tahap II Pengumuman di www.umy.ac.id
18 – 27 Juli 201 Home Visit
01 Agustus 2019 Pengumuman diterima Pengumuman di www.umy.ac.id
07 Agustus 2019 Registrasi Peserta datang ke UMY untuk melakukan registrasi
22 Agustus 2019 pukul 07.00 WIB Silaturahmi Orang Tua dan Rektor (Penyerahan SK Beasiswa) Sportorium UMY
26 – 30 Agustus 2019 Mataf dan OSDI Kampus UMY

Setelah dinyatakan lolos seleksi berkas, yang bersangkutan datang ke Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Jl. Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta dengan membawa berkas sebagai berikut ;

  1. Kartu peserta dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang dicetak dari sistem Bidikmisi
  2. Raport asli dan Fotokopi semester 1 (satu) s/d 6 (enam) yang dilegalisir oleh kepala sekolah
  3. Surat Keterangan lulus dari Kepala Sekolah
  4. Ijazah asli dan fotokopi yang dilegalisir oleh kepala sekolah
  5. Nilai ujian akhir nasional asli dan fotokopi yang dilegalisir oleh kepala sekolah
  6. Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang kokurikuler dan ektrakurikuler yang dilegalisir oleh kepala sekolah
  7. Surat keterangan penghasilan orangtua/wali yang dikeluarkan oleh Instansi tempat orangtua bekerja/Kepala Desa/ Kepala Dusun/ tokoh masyarakat
  8. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/ Kepala Dusun/ tokoh masyarakat
  9. Fotokopi Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  10. Kartu Pengaman Sosial (KPS/BSM), jika merupakan penerima BSM
  11. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga
  12. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orangtua/wali
  13. Foto rumah/tempat tinggal keluarga tampak depan, samping dan dalam (dicetak dan ditempel dikertas)
  14. Bagi pendaftar yang sudah yatim/piatu/yatim piatu, dapat melampirkan fotokopi surat/akta kematian orang tua dari Desa/Kelurahan setempat.