Bantuan Dana Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, melalui BMT (Baitul Maal wa Tamwil) UMY senantiasa menyediakan bantuan untuk para mahasiswa yang membutuhkan bantuan dana pendidikan. Program tersebut telah diluncurkan oleh BMT UMY sejak tahun 2012 dengan rincian program sebagai berikut:

1. Program Pembiayaan Akademik

BMT UMY memberikan dana talangan kepada mahasiswa yang terkendala dalam pembayaran biaya kuliah seperti SPP, KKN dan lainnya. Syarat utama pengajuan Pembiayaan Akademik adalah pengajuan mahasiswa ini harus diketahui oleh pihak orang tua. Selain itu, mahasiswa juga diwajibkan memiliki Indeks Prestasi (IP) minimal 3.00 skala 4.00. Secara rinci, syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan dana talangan bagi mahasiswa, sebagai berikut:

  1. Mengisi Formulir Pengajuan Pembiayaan (Formulir dapat diambil di BMT UMY, Gedung AR. Fachruddin B lantai Dasar)
  2. Foto Copy KTP dan KTM
  3. Foto Copy KRS dan KHS
  4. Foto Copy KTP Orang Tua
  5. Foto Copy Kartu Keluarga
  6. Foto Copy Formulir Registrasi
  7. Foto Copy Slip Pembayaran semester sebelumnya

Dana Talangan SPP sendiri dibuka pada masa pembayaran semester baru. Setelah mengumpulkan seluruh persyaratan, mahasiswa juga akan diminta untuk mendapatkan persetujuan dari Dekan Fakultas mahasiswa yang bersangkutan.

Untuk angsuran pembayaran ke BMT UMY sendiri, mahasiswa diberikan waktu maksimal cicilan hingga jangka 5 bulan. Hal ini ditujukan supaya mahasiswa dapat segera melunasi pembiayaan dalam satu semester, sehingga pada semester selanjutnya mahasiswa yang sudah lunas pembiayaan di semester sebelumnya dapat mengajukan pembiayaan untuk semester selanjutnya.

Hingga saat ini, jumlah mahasiswa yang telah mengajukan Pembiayaan Akademik ke BMT UMY selalu meningkat sejak awal dibukanya program pada tahun 2012. Pada tahun 2012 sebanyak 88 mahasiswa yang mengajukan, 2013 sebanyak 113 mahasiswa, 2014 sebanyak 111 mahasiswa dan 2015 sebanyak 158 mahasiswa.

2. Program Pembiayaan Sarana Akademik

Selain bantuan pembiayaan akademik, BMT UMY juga memberikan bantuan pembiayaan sarana akademik seperti laptop, sepeda motor dan handphone kepada mahasiswa yang membutuhkan. Adanya program Pembiayaan Sarana Akademik ini, diharapkan dapat menunjang kebutuhan belajar dan mobilitas mahasiswa selama di UMY.

Syarat utama pengajuan Pembiayaan Sarana Akademik adalah mahasiswa aktif minimal semester 2, dengan Indeks Prestasi minimal 3.00 skala 4.00. Mahasiswa juga diwajibkan sudah menyelesaikan pembayaran akademik pada semester yang ditempuh untuk dapat mengajukan program ini. Sedangkan lama cicilan maksimal adalah satu tahun, tergantung pada masa studi mahasiswa yang bersangkutan.

Syarat-syarat lengkap pengajuan Pembiayaan Sarana Akademik sama dengan Pembiayaan Akademik, dengan tambahan sebagai berikut:

  1. Foto Copy Slip Pembayaran semester yang sedang ditempuh
  2. Uang Muka minimal 20%

Selain itu, BMT UMY juga memiliki program Gada dan Titip Kendaraan di BMT UMY. Program ini berlaku setiap masa libur mahasiswa dan sudah dimulai sejak tahun 2015. Keunggulan dari program ini adalah perawatan kendaraan akan tetap terjaga setiap harinya seperti pemanasan mesin motor. Sehingga mahasiswa yang menitipkan kendaraan tidak perlu khawatir kendaraan akan mogok setelah lama ditinggal mudik.

Untuk biaya penitipan kendaraan ini adalah sebesar Rp 7.000,00 per hari. Penitipan kendaraan ini tidak ada batas minimal, mahasiswa juga dapat menitipkan kendaraan hanya selama satu atau dua hari saja.