KRI Buka Peluang Promosikan Kabupaten Bantul

Mei 26, 2015 oleh : BHP UMY

Untuk menyambut Kompetisi Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional banyak hal yang dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai tuan rumah. KRI ini bukan hanya sebuah kompetisi biasa karena kegiatan ini tentunya menjadi sebuah peluang untuk bisa mempromosikan atau mengenalkan Kabupaten Bantul kepada masyarakat Indonesia. “Saya sangat mendukung, apalagi banyak hal yang bisa saya dapat dari acara ini antara lain yaitu dapat mempromosikan Kabupaten Bantul kepada masyarakat Indonesia, yang sebelumnya belum pernah mengunjungi Bantul,“ jelas Hj. Sri Surya Widati selaku Bupati Bantul, saat ditemui dalam audiensi oleh panitia KRI UMY, Senin (25/5).

Hj. Sri Surya Widati saat menerima panitia KRI UMY mengatakan, bahwa pihaknya juga akan ikut membantu pelaksanaan KRI 2015. Sebelumnya, Slamet Riyadi, ST., MT., Ph.D selaku Ketua Pelaksanaan KRI tingkat nasional mengutarakan beberapa hal pada Bupati Bantul, mengenai bantuan penyediaan alat-alat dan fasilitas umum. “Terkait dengan pengadaan mobil toilet dan pemadam kebakaran bisa terpenuhi, untuk mobil toilet dan pemadam kebakaran kami bisa menyediakannya masing-masing satu unit. Saat ini, yang terpenting segera masukkan surat saja biar nantinya mempermudah kami untuk bisa menjadwalkan apa saja yang dibutuhkan untuk mensukseskan KRI tersebut, “ tanggapnya.

Sri Surya Widati juga sangat senang dengan usulan adanya expo serta menyediakan sebuah stand dan melibatkan usaha yang dimiliki oleh masyarakat Bantul untuk bisa menjajakan keranjinan tangan atau makanan khas Bantul selama perlombaan berlangsung. “Tentunya hal ini akan mempermudah peserta untuk bisa membeli oleh-oleh, sehingga peserta tidak usah jauh-jauh untuk membeli buah tangan khas Jogja, “ terangnya.

Bupati Bantul ini pun menambahkan, acara yang bagus ini tentunya jangan sampai dilewatkan karena banyak hal yang bisa ditemui, apalagi kegiatan ini bisa berlangsung sampai tingkat internasional. “Kami sangat senang, dan kami membuka tangan kita untuk bisa membantu menyukseskan acara tersebut. Untuk permintaan pada kehadiran welcoming dinner dan sekaligus mengisi sambutan, sudah saya jadwalkan untuk bisa hadir dan memberikan sambutan, “ imbuhnya.

Dalam audiensi kali ini, Slamet Riyadi mengatakan pada Hj. Sri Surya Widati, bahwa pihaknya memang membutuhkan bantuan pengadaan alat dan fasilitas umum pada pemerintah Kabupaten Bantul, antara lain yaitu terkait dengan fasilitas umum dan faktor keselamatan yang tentunya menjadi perhatian besar bagi UMY sebagai tuan rumah. “Ada beberapa hal yang kami butuhkan antara lain yaitu mobil toilet dan juga mobil pemadam kebakaran. Mobil toilet ini dibutuhkan pada saat acara expo sebab ini untuk mempermudah peserta yang di luar untuk bisa ke toilet tanpa harus ke dalam ruangan. Sedangkan untuk mobil kebakaran ini untuk mengantisipasi konslet karena yang dilombakan kan dalam bentuk robot, jadi jika ada sesuatu hal konsleting bisa teratasi dengan baik, “ terangnya.

Slamet Riyadi melanjutkan bahwa, tahun ini UMY bukan hanya menjadi tuang rumah KRI tingkat nasional saja, namun UMY juga diberi mandat oleh Dikti untuk bisa menjadi tuan rumah dalam KRI di tingkat internasional, yang akan dilaksnakan pada bulan Agustus 2015. Tentu hal ini bisa menjadi sebuah peluang untuk bisa mempromosikan kabupaten Bantul. “Untuk bisa mempromosikan Kota Yogyakarta khususnya Kabupaten Bantul, maka selama acara berlangsung pada 11-13 Juni yang rencananya akan diisi dengan beberapa hal yang berkaitan dengan bidang kewirausahaan pada mahasiswa UMY dan juga masyarakat Bantul,“ imbuhnya. (Icha)