KRI 2018 Sedot Perhatian Berbagai Kalangan

Juli 12, 2018 oleh : BHP UMY

Gelaran Kontes Robot Indonesia (KRI) tahun 2018 berhasil menyedot perhatian dari berbagai kalangan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penonton yang hadir mulai dari anak usia dini hingga seorang kakek berusia lanjut. Selain itu, ada juga sekelompok mahasiswa yang datang jauh – jauh dari luar kota untuk mendukung salah satu tim kesayangan mereka.

Aslam Munawir adalah seorang kakek berusia 60 tahun yang mengajak cucunya untuk menyaksikan robot unjuk kemampuan setelah membaca artikel mengenai KRI 2018 di surat kabar. Saat ditemui di Gedung Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Kamis (12/7), Aslam mengatakan bahwa alasannya mengajak cucu yang berusia 5 dan 10 tahun untuk memperkenalkan kemajuan teknologi melalui kompetisi robot. Selain itu, kakek berusia 60 tahun tersebut berharap agar cucunya mendapatkan hiburan serta pengetahuan dalam dunia robotika.

“Setelah membaca koran yang ada berita soal KRI, saya lansung berfikir untuk mengajak cucu untuk datang ke lomba robot, supaya mereka tahu kalau dunia sudah ada robot – robot yang canggih,” ujarnya.

Kemudian, terdapat juga sekelompok supporter asal Institut Teknologi Bandung (ITB) berjumlah 70 orang yang datang jauh – jauh dari Kota Bandung untuk mendukung tim kesayangan mereka berlaga. Risa Nurwahyuni salah satu mahasiswa semester 3 Jurusan Mikrobiologi ITB yang turut hadir mengatakan bahwa kedatangan mereka ke Jogjakarta untuk memberikan suntikan moral kepada para kontestan yang bermain. Lalu, Risa memambahkan bahwa semua biaya perjalanan dari Kota Bandung ke lokasi perlombaan KRI 2018 mengunakan dana pribadi yang ditambah dengan uang kas komunitas robot mereka.
“Kami datang rame – rame dari Bandung ke Jogja untuk memberi dukungan kepada teman – teman kami yang bermain supaya membawa pulang gelar Juara. Karena kami ke sini pakai biaya sendiri, jadi harus total buat mendukung,” ujarnya.

Terhitung sudah ada 2376 orang yang telah melakukan registrasi sebagai penonton pada hari pertama pertandingan, Kamis (12/7) dan kemungkinan akan semakin bertambah hinggal gelaran KRI 2018 berakhir, pada Jum’at (13/7). (ak)