KPI FAI UMY Terima Kunjungan Akademik FKP USIM

Oktober 30, 2017 oleh : BHP UMY

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Agama Islam UMY menerima kunjungan akademik dari Fakulti Kepemimpinan dan Pengurusan (FKP), Universiti Sains Islam Malaysia (USIM). Kunjungan yang dilakukan oleh 24 mahasiswa jurusan Konseling dan 20 mahasiswa jurusan Komunikasi USIM beserta dosen pembimbingnya tersebut dilaksanakan di Ruang Sidang Fakultas Agama Islam UMY Gedung F6 lt 2, Senin (30/10). Acara yang berlangsung selama dua hari ini juga dihadiri oleh perwakilan dosen dan mahasiswa KPI UMY.

Pada saat diwawancarai, dosen Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam jurusan Konseling Islam, Cahyo Setiadi Ramadhan, M.Psi mengungkapkan bahwa acara Kunjungan Akademik ini merupakan kunjungan balasan yang pernah dilakukan UMY ke USIM. “Sebelumnya UMY pernah berkunjung ke USIM, dan ini merupakan kunjungan balik dari USIM ke UMY,” jelasnya.

Cahyo juga menambahkan mengenai harapan dari adanya kunjungan tersebut. “Konsepnya memang silaturahim, dan juga tukar pengetahuan mengenai krisis yang terjadi di kedua negara. Kami juga berharap nantinya mahasiswa maupun dosen bisa mendapatkan relasi, kemudian komunikasi antar lembaga yang nantinya berguna untuk memperluas jangkauan riset, serta sumber informasi bagi prodi untuk mengembangkan ranah keilmuan. Kami juga berharap nantinya akan ada riset bersama dengan dosen USIM,” paparnya.

Di lain tempat, Sekretaris Program Studi KPI UMY Rhafidilla Vebrynda, M.I.Kom. menjelaskan mengenai kegiatan kunjungan USIM ke UMY. “Ini merupakan kegiatan mahasiswa, ada dua sesi untuk acara kunjungan USIM. Untuk hari ini program studi konseling USIM dengan mahasiswa konsentrasi Konseling Islam UMY. Kemudian untuk hari Selasa acara program studi Komunikasi Islam UMY dengan Komunikasi USIM. Mereka juga mengunjungi beberapa universitas di Yogyakarta. Sebenarnya, acaranya sendiri sudah digagas dari bulan Agustus, namun baru terealisasi bulan ini,” jelas Dilla.

Dilla juga menjelaskan mengenai kesamaan UMY dan USIM dalam kunjungan tersebut, serta agenda yang dilakukan pada hari Senin dan Selasa. “USIM mempunyai kesamaan dengan UMY, sama-sama mempunyai prodi konseling dan komunikasi. Sehingga nanti kita bisa sama-sama saling belajar,” tambahnya.

“Hari ini ada diskusi panel, kemudian ada role play. Sedangkan untuk hari Selasa, diawal acara akan sama dengan hari ini, namun di akhir acara akan ada mini competition. Ada tiga kompetisi yang akan dilombakan, antara lain pembuatan press release, lomba penyiaran radio, dan lomba video. Selain itu, dari kunjungan ini kami juga berharap, selain terjalin silaturahim antar mahasiswa, terjalin juga kerjasama antara FKP USIM dengan KPI UMY, ataupun kami bisa kembali mengadakan kunjungan balasan,” tutupnya. (Darel)

Sharing is caring!