KOPMA UMY Lakukan Kunjungan ke UIN Jakarta dan KEMENKOP RI

Februari 14, 2019 oleh : BHP UMY

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan salah satu wadah aktivitas kemahasiswaan luar kelas untuk mengembangkan minat, bakat, dan keahlian tertentu. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) termasuk salah satu Universitas yang memiliki berbagai UKM dalam lembaga oganisasi internal kampus. Salah satunya adalah UKM Koperasi Mahasiswa (KOPMA) UMY, yang dalam rangka studi banding tahun 2019, KOPMA UMY berkesempatan untuk melakukan kunjungan ke Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta sekaligus kunjungan ke Kementerian Koperasi Republik Indonesia (KEMENKOP RI) pada Rabu (6/2).

Selaku ketua umum KOPMA UMY, Arif Rifai memaparkan tujuan dilakukannya kunjungan ke dua tempat di Jakarta tersebut. “Tujuan dari studi banding ke Kopma UIN Jakarta, yaitu sebagai kunjungan balik yang telah dilakukan oleh Kopma UIN Jakarta ke Kopma UMY yang dilakukan pada tahun 2016 lalu. Selain itu juga untuk mengetahui sistem kerja Kopma UIN Jakarta serta usaha apa yang dimiliki oleh Kopma UIN tersebut,” tuturnya

Selain itu, kunjungan KOPMA UMY ke KEMENKOP RI juga memiliki tujuan yang tidak hanya sekedar kunjungan saja. Selayaknya dengan kunjungan-kunjungan yang dilakukan oleh lembaga-lembaga lainnya ke kementerian, pastilah ada banyak pengetahuan yang ingin digali. KOPMA UMY juga melakukan audiensi terkait pembinaan hubungan antara Kementerian dan Dinas Wilayah, guna mengetahui bagaimana alur pengimplementasian program dari Kementerian sendiri. Mengenai penyaluran dana Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPBD) ke Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta ke koperasi yang ada di Indonesia. “Tujuan utamanya, jelas untuk bertukar ilmu dan mengetahui tentang koperasi mahasiswa yang baik seperti apa. Kalau untuk tujuan lain dari kami KOPMA UMY adalah agar KOPMA UMY dapat dikenal oleh KEMENKOP RI serta bisa mendapatkan NIK (Nomor Induk Koperasi),” jelas Aris lagi. (CDL)