KOMURINDO dan KOMBAT 2014 Awal Menggembirakan Dunia Dirgantara Indonesia

Agustus 16, 2014 oleh : BHP UMY

Tim peserta didampingi dosen dan panitia saat melakukan persiapan menjelang peluncuran roket pada ajang KOMURINDO

Jum’at (15/8) KOMURINDO-KOMBAT secara resmi di buka. Rektor UMY, Prof. Bambang Cipto, MA menyebtukan event skala nasional tersebut dapat menjadi awal bagi generasi muda Bangsa Indonesia untuk meraih masa depan yang lebih menggembirakan di dunia kedirgantaraan.
“Awal bagi Bangsa Indonesia untuk meraih masa depan yang menggemberikan,” kata Bambang Cipto saat pembukaan acara tersebut di Lapangan Tembak Dislitbang TNI AD​, Pantai Bocor, Kebumen, Jum’at (15/8) pagi.

Ketertarikan generasi muda dalam dunia kedirgantaraan dengan meningkatnya jumlah peserta KOMURINDO setiap tahun merupakan sesuatu yang menggembirakan. Hal tersebut akan membuka cakrawala para generasi muda Indonesia sehingga mampu menyerap rizki yang ada di langit. Ia meyakini penguasaan teknologi kedirgantraan akan dapat membuat Indonesia menjadi kuat dan berjaya di masa depan seperti halnya negara-negara maju.
“KOMURINDO-KOMBAT akan membuka cakrawala generasi muda Indonesia sehingga kita bisa menyerap rejeki di langit. Karena rejeki tidak hanya di bumi namun juga di langit,” sambung Bambang.

Sementara itu Kepala Sub direktorat Kreativitas dan Pengabdian Masyarakat Dirjen Dikti, Victoriana mengungkapkan, Indonesia merupakan negara yang sangat luas sehingga kemandirian teknologi kedirgantaraan menjadi suatu hal yang krusial. Menurutnya, hal tersebut dapat diwujudkan dengan memupuk generasi muda Indonesia yang cinta pada teknologi kedirgantaraan.

“Melalui KOMURINDO kita ingin ajak mahasiswa untuk mencintai dunia kedirgantraan sebagai bentuk pembinaan potensi mereka,” papar Victoriana.
Sedangkan Wakil Bupati Kebumen, Djuarni,AMD,PD sangat mengapresiasi UMY selaku penyelenggara karena mengelar event skala nasional tersebut di daerahnya. Ia berharap melalui ajang ini Indonesia akan dapat menjadi negara yang tidak tertinggal dengan negara lainnya dalam dunia kedirgantaraan. Ia pun mengaku siap jika KOMURINDO-KOMBAT diadakan kembali di Kebumen.

“Semoga bisa dikembangkan menjadi satelit dan kita tidak kalah dengan negara lain di dunia melalui kegiatan lomba semacam ini. Kebumen punya harapan tahun depan diadakan di kebumen lagi, Kebumen siap,” katanya.

Acara yang dibuka Wakil Bupati Kebumen itu juga dihadiri oleh Deputi Bidang Sains, Pengkajian dan Informasi Kedirgantaraan LAPAN, Ir. Afif Budiyono, MT. Selain itu Brigjen Rudiono Edi, MM selaku Kadis Litbang TNI AD turut memberikan sambutannya. Sebanyak 74 tim dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia ikut unjuk gigi dalam ajang ini.

Sharing is caring!