Kompetisi ABU Robocon 2015, Sita Perhatian Kakek Berusia 95 Tahun

Agustus 23, 2015 oleh : BHP UMY

Setiap pertandingan olahraga selalu menarik perhatian para penonton, terlebih yang bertanding adalah robot yang dapat bertanding layaknya manusia. Antusias penonton dari berbagai kalangan dan usia pun memadati arena tribun yang dikhususkan bagi penonton. Salah satu yang menarik perhatian yaitu salah seorang penonton yang telah memasuki usia hampir seabad. Kakek ini bernama Imam Marzuki yang telah berusia 95 tahun menyempatkan dirinya untuk menonton kehebohan Robot yang dapat bermain bulutangkis. Dengan didampingi dua anak dan cucunya, ditemui saat melakukan registrasi penonton pada Minggu, (23/8) di pelataran Sportorium UMY.

Salah seorang anaknya mengaku, melihat pertandingan ini untuk mengisi liburan bersama bapaknya. Terlebih yang akrab disapa Marzuki ini berasal dari Solo mengunjungi Jogja untuk menjenguk anak-anaknya. “Hari ini kebetulan ada perlombaan robot, jadi sekalian nonton sambil mengisi liburan. Mumpung Bapak lagi menjenguk anak-anak yang ada di Jogja,” ungkap salah satu anak Marzuki.

Kehadiran penonton dari berbagai usia tersebut menunjukkan bahwa kompetisi Internasional ini telah menyita perhatian dari berbagai kalangan usia. Seperti yang terlihat pada gala kompetisi robot badminto se-Asia-Pasifik ini, berbagai kalangan dari kaum muda, dewasa, anak-anak juga turut menonton pertandingan tersebut. Antusias para penonton di ajang pertandingan Internasional Asia –Pasific Broadcasting Union Robot Contest (ABU ROBOCON terus membludak. Diperkirakan sekitar dua ribu penonton telah memenuhi Sportorium. Hingga pertandingan yang telah berlangsung, tempat registrasi penonton masih terlihat penuh dengan penonton yang melakukan registrasi.

Sebagai ajang kompetisi Internasional yang diselenggarakan oleh ABU (Asia–Pasific Broadcasting Union), Indonesia terpilih sebagai tuan rumah yang saat ini UMY di percaya sebagai tempat penyelenggara ajang bergensi tersebut. Terdapat 18 negara dan 19 Tim yang akan memperebutkan piala yang telah disediakan oleh ABU. Dengan adanya berbagai Negara berkumpul di satu pertandingan ini, tentunya menyedot masyarakat sekitar untuk menonton pertandingan tersebut. Terlebih para penonton tidak dikenakan biaya masuk, hanya dengan menunjukkan KTP ataupun passport, pengunjung diberi gelang sebagai syarat memasuki ruangan.

Dalam kompetisi ini, penyelenggara juga menghadirkan pemain legendaris bulutangkis Indonesia, Susi Susanti beserta Alan Budi Kusuma. Pada pembukaan kontes ABU Robocon 2015 ini, keduanya unjuk kebolehan dengan bertanding melawan robot yang akan dipertandingkan pada kontes ini. Selain itu, sebelum acara dimulai pengunjung juga disuguhi drum band ala prajurit kraton. (hevi)