KOMAP UMY Amalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi Melalui Social Day

November 22, 2014 oleh : BHP UMY
20141122_073159

Kepala Program Studi Ilmu Pemerintahan UMY, Dr. Suranto memotong pita yang mendandai pembukaan Social Day 2014 di Kampus Terpadu UMY, Sabtu (22/11).

Ratusan mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMY angkatan 2014 mengikuti Social Day yang diselenggarakan KOMAP UMY. Dalam Kegiatan tersebut para mahasiswa diwajibkan menggelar berbagai bentuk kegiatan pengabdian masyarakat di 9 RT di Pedukuhan Ngebel, Tamantirto, Bantul.

Ketua panitia Social Day 2014, Riska Arofah menjelaskan, tujuan dari kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi oleh mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMY. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan itu, lanjut Riska, selama dua hari akan menggelar kegiatan mulai dari penyuluhan politik, kehesatan hingga pasar murah bagi masyarakat.

“Kegiatan ini temanya dari mahasiswa untuk masyarakat. Ada berbagai kegiatan. Seperti berbagai sosialisasi yang akan diberikan kepada masyarakat. Tujuannya untuk mengamalakan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” kata Riska saat pembukaan acara tersebut di Kampus UMY, Sabtu (22/11).

Riska menuturkan, kegiatan tahunan itu juga merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang didapat selama perkuliahan. Selain itu, mahasiswa diharapkan dapat melatih mahasiswa berhadapan dengan masyarkat sedini mungkin. Sebab, lanjut mahasiswi Ilmu Pemerintahan angkatan 2012 itu, mahasiswa ketika lulus nanti akan kembali kembali kepada masyarakat.

Program yang dibuat oleh masing-masing kelompok mahasiswa dalam kegiatan itu, juga diharapkan dapat melatih mahasiswa agar dapat lebih kreatif dalam memcahkan permasalahan yang ada pada masyarakat ketika telah lulus nanti.

“Untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat di dalam kelas. Setelah lulus nanti mahasiswa akan dihadapkan dengan masyarakat, jadi melatih mereka sedini mungkin sangat perlu,” sambung Riska.

Aktivitas mahasiswa dalam kegiatan yang berlangsung dua hari dari tanggal 22 hingga 23 November itu, lanjut Riska, akan dinilai oleh tim eksternal. Nilai tersebut akan menjadi nilai mahasiswa di mata kuliah Pengantar Manajemen Publik. Sehingga para peserta harus memberikan pelayanan dan pengabdian terbaik kepada masyarakat yang memang menjadi standar penilaian yang telah ditetapkan.

Sementara itu Kepala Program Studi Ilmu Pemerintahan UMY, Dr. Suranto menghimbau mahasiswa untuk melakukan kegiatan tersebut secara sungguh-sungguh agar mendapatkan nilai yang baik.

“Agar dilakukan secara sungguh-sungguh. Nanti kalian akan dibagi per RT.  Semoga kalian mendapatkan nilai lebih dari Social Day yang diselenggarakan Komap ini,” imbau Suranto saat membuka acara tersebut.

Sharing is caring!