KMTI UMY Persiapkan Mahasiswa Untuk Ikuti UAS dengan Rangking 1​

Desember 22, 2014 oleh : BHP UMY

20141220_143201

Keluarga Mahasiswa Teknik Informasi (KMTI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membantu mahasiswa dan mahasiswi TI UMY dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS), yang akan diselenggarakan pada Januari 2015 mendatang. Namun, bentuk persiapan yang diberikan KMTI bukan dengan persiapan secara resmi seperti les privat atau belajar bersama di kelas maupun di luar kelas. Akan tetapi, bentuk persiapan yang mereka lakukan adalah dengan mengadakan acara “Rangking 1”.

“Rangking 1” yang digelar pada Sabtu, (20/12) ini tidak berbeda dengan acara Reality Show “Rangking 1” yang ditayangkan oleh salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia. Hanya saja, pertanyaan yang diajukan pada perlombaan itu selain pertanyaan mengenai pengetahuan umum juga banyak pertanyaan tentang keilmuan TI itu sendiri, “Rangking 1” yang diadakan KMTI UMY ini bertempat di Lobi Teknik Gedung F4 Kampus Terpadu UMY dan hanya untuk keperluan internal di TI UMY.

Menurut ketua panitia, Julian Noor Rizani, saat ditemui di sela-sela acara mengatakan, “Rangking 1” tersebut diadakan untuk memberikan hiburan kepada mahasiswa-mahasiswi TI UMY sebelum menghadapi UAS. Soal-soal yang diberikan pun sebagian besar berasal mata kuliah atau pelajaran yang didapatkan para mahasiswa di bangku kuliah. “Tipe soal yang diberikan pada kompetisi ini lebih pada soal logika. Di mana peserta dituntut untuk bisa berfikir dan menjawab secara logika. Jadi kami tidak hanya menjadikan acara ini sebagai tempat refreshing bagi mahasiswa, namun juga untuk memberikan pengeatahuan umum terkait dunia TI dan sejarahnya,” ungkapnya.

Peserta “Rangking1” ini bukan hanya dari kalangan mahasiswa dan mahasiswi TI UMY angkatan 2011 hingga 2014 saja, tetapi ada juga staff TI UMY yang turut mengikuti kompetisi ini. Menurut Julian, jumlah peserta sendiri ada 90 orang yang terdiri dari mahasiswa, mahasiswi, dan staff TI UMY. “Dan sebenarnya acara ini juga sebagai peringatan Milad KMTI yang ke-3. Milad sendiri sudah dimulai sejak hari ini dan malam puncaknya akan dilaksanakan pada 22 Desember,” jelasnya.

Julian memaparkan bahwa rule dari kompetisi “Rangking 1” ini tidak beda jauh dengan sebelumnya, yang membedakan hanya tipe soal yang akan diberikan kepada peserta. “Peraturannya adalah pada babak pertama peserta akan dikelompokkan dengan mengerjakan soal secara individual. Pada babak kedua peserta yang berhasil akan mengerjakan 10 sepuluh soal, yang tentunya tingkat kesulitan soal juga akan berbeda,’ paparnya.

Selain itu peserta juga dilarang mencontek satu sama lain, karena jika ada peserta yang ketahuan mencontek akan langsung didiskualifikasi oleh panitia. “Waktu menjawab yang diberikan panitia kepada peserta adalah 5 sampai 10 detik. Jadi, para peserta harus bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin karena waktu yang diberikan sangat terbatas,” tutur Julian lagi.

Julian juga menambahkan, bahwa akan ada apresiasi kepada peserta yang berhasil menjawab soal dengan benar dari awal hingga babak terakhir. “Total hadiah yang akan diberikan kepada pemenang adalah Rp 500.000. Pelaksanaan kompetisi ini juga didukung penuh oleh para dosen TI UMY sendiri. Melalui acara ini juga kami berharap, agar peserta khususnya mahasiswa bisa lebih siap lagi nantinya ketika akan menghadapi UAS. Karena mereka sudah terlebih dulu mengasah otak mengenai pelajaran yang sudah didapat, sekalipun caranya lewat permainan ini,” imbuhnya.​

Adapun pemenang “Rangking 1” diantaranya juara 1 diraih oleh Syarif, juara 2 Toni, dan juara ketiga Beni. Juara 1 berhak mendapatkan hadiah sebesar 250 ribu rupiah, sedang juara kedua dan ketiga masing-masing mendapatkan uang sejumlah 150 ribu rupiah.