KKN UMY Bantu Warga Refleksikan Kemerdekaan Melalui Wawasan Kebangsaan

Agustus 20, 2015 oleh : BHP UMY
SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Berbagai jenis kegiatan dilakukan oleh kalangan masyarakat Indonesia dalam memperingati hari kemerdekaan RI (Republik Indonesia) yang pada tahun ini berumur 70 tahun. Salah satunya yang ikut dalam merefleksikan kemerdekaan RI tersebut yaitu kelompok 90 KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tematik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), yang berlokasi di Dusun Dengok, Tanjungharjo, Nanggulan, Kulonprogo.

Kelompok KKN tersebut turut memeriahkan HUT RI yang ke- 70 bersama warga dengan mengagendakan beberapa jenis kegiatan, seperti perlombaan untuk anak-anak, Seminar Wawasan Kebangsaan yang di isi secara langsung oleh Dr. Inu Kencana Syafiie, M.Si, selaku dosen Ilmu Pemerintahan UMY, Malam Tirakatan, dan acara Pentas Seni sebagai penutup serangkaian acara. Acara yang berlangsung mulai dari tanggal 16 hingga 18 Agustus tersebut berkerjasama dengan beberapa lembaga Dusun Dengok, seperti LPMD (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa), dan RISMA (Remaja Islam Masjid).

Pada Seminar Wawasan Kebangsaan yang telah dilaksanakan pada Minggu (16/8), Dr. Inu Kencana Syafiie, M.Si menyampaikan, bahwa kondisi pemuda-pemudi Indonesia saat ini sangat memprihatinkan, tidak lagi mencerminkan pemuda-pemudi yang mencintai tanah air, salah satu faktor terjadinya hal tersebut dikarenakan pengaruh dari berkembangnya budaya kebarat-baratan di Indonesia yang begitu cepat. “Miris jika melihat kondisi anak muda di Indonesia saat ini, begitu banyaknya kasus yang terjadi di Indonesia yang melibatkan anak muda, salah satunya yaitu tingginya penggunaan narkoba dikalangan anak muda Indonesia. Selain itu anak muda saat ini lebih gemar untuk belajar lebih jauh terhadap budaya barat, berbanding terbalik dengan mempelajari kebudayaan sendiri,” ujarnya.

Ditambahkan Inu Kencana, momen HUT RI ini dirasa tepat untuk dijadikan renungan dan bentuk wujud nyata masyarakat Indonesia dan pemerintah dalam membangun Negara Indonesia menjadi Negara yang makmur dan sejahtera. “Memperingati hari kemerdekaan seperti ini penting untuk kemajuan Indonesia, selain sebagai bentuk penyadaran, hal seperti ini juga dapat menjadikan motivasi lebih bagi kalangan anak muda untuk mencintai Indonesia. Tidak hanya budayanya saja, melainkan rasa gotong royong, dan toleransi antar suku dan agama, tetap dipertahankan dan dijaga,” tambahnya.

Herdian Alhusnan, selaku ketua kelompok KKN 90 dan mahasiswa Jurusan Akutansi UMY menjelaskan, tujuan dari diadakannya berbagai serangkaian acara memperingati HUT RI ke 70 tersebut sebagai bentuk tanggung jawab sebagai mahasiswa, yang salah satunya dalam tri dharma perguruan tinggi yaitu melakukan pengabdian masyarakat. “Pada dasarnya, terlaksananya berbagai kegiatan dalam HUT RI tersebut merupakan program bantu kelompok KKN kami, di sini kami ingin mengajak sekaligus merefleksikan kemerdekaan Indonesia bersama masyarakat Dusun Dengok,” ucapnya.

Ditambahkan Herdian, berbagai kegiatan yang dilakukan yaitu perlombaan untuk anak-anak, Seminar Wawasan Kebangsaan, Malam Tirakatan, Malam Pentas Seni, dan Karnaval Nusantara. “Untuk karnaval sendiri Dusun Dengok kali ini ditunjuk untuk mewakili Kecamatan Tanjungharjo, sehingga kami turut berpartisipasi dan membantu terselenggaranya acara karnaval tersebut, dan pada acara malam pentas seni, akan menampilkan berbagai kesenian dari Dusun Dengok, seperti karawitan, dan jatilan,” tambahnya.

Sementara itu, Drs. Pujo selaku ketua LPMD Dusun Dengok menuturkan, merasa terbantu dengan adanya kelompok KKN 90 dalam membantu terselenggaranya berbagai acara HUT RI tersebut. “Kami merasa terbantu dengan adanya rekan-rekan KKN UMY, selain sebagai merefleksikan kemerdekaan, kegiatan-kegiatan ini juga sekaligus sebagai bentuk pengenalan kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia, yang dimainkan oleh warga Dusun Dengok, seperti Karawitan dan Jatilan, yang mana masyarakat masih kurang peduli akan kebudayaan Indonesia,” paparnya. (adm)