KKN MBN UMY Latih Soft Skill Kepemimpinan Masyarakat Suku Kokoda, Papua Barat

September 21, 2017 oleh : BHP UMY

Tim Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KKN UMY), Mahardika Bakti Nusantara (MBN) mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi pemuda-pemudi kampung Warmon Kokoda, pada Sabtu (16/9) yang lalu. Kegiatan yang diadakan selama dua hari ini berlangsung di Gedung Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Distrik Aimas Kabupaten Sorong yang dihadiri oleh beberapa tamu undangan, salah satunya yaitu sekretaris Distrik Mayamuk M. Khaerul Asik.

Dalam sambutannya, M. Khaerul Asik menyambut positif inisiatif dari tim KKN MBN dalam mengadakan pelatihan kepemimpinan tersebut. Langkah tersebut dirasa sangat membantu pemerintah dalam upaya untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM), terutama di kampung Warmon yang terkenal masih teringgal dari segi SDM. “Harapan kami, kedepannya akan semakin banyak pelatihan yang mengikutsertakan pemuda-pemudi Warmon yang bertujuan untuk memajukan SDM desa Warmon. Karena di kampung Warmon ini masih tertinggal dari segi SDMnya,” papar M. Khaerul, dalam rilis yang diterima Biro Humas UMY pada Rabu (20/9).

Yoby Afis Dimedjo selaku ketua panitia menyampaikan bahwa LDK ini adalah salah satu ikhtiar untuk menjawab permasalahan yang ada di kampung Warmon. Pembangunan SDM terutama di golongan muda-mudi, sangat penting dilakukan sebagai langkah untuk memutus rantai kemiskinan yang ada di Kampung Warmon. “Masyarakat Kampung Warmon yang masih minim pendidikannya mayoritas masih berburu dan meramu. Sedangkan lingkungan sekitar mereka dihuni oleh beragam suku yang sudah berpikiran maju dan sudah berada di tahap bertani, berkerbun dan berternak, sehingga kerap terjadi konflik dengan warga sekitar,” ungkap Yoby.

Adapun materi yang diberikan pada kegiatan LDK kali ini terdiri dari Islam sebagai pandangan Hidup, Membangun Kesadaran Pembelajaran Inklusif, Kesadaran Membangun Kampung, Tenggang Rasa Antar Etnis dalam Bingkai Kepapuaan, Sosialisasi Narkoba dan Miras, diskusi Pemetaan Kondisi Kampung serta Games Empati dan Gotong Royong. Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan ini juga diharapkan bisa menjadi langkah awal dalam mewujudkan dan menghidupkan Karang Taruna Desa Warmon Kokoda.

Kegiatan LDK ini juga telah berjalan dengan lancar. Hal ini sesuai dengan pemaparan Risma, salah satu peserta yang menyatakan sangat senang dalam kegiatan LDK ini. “Saya merasa senang dengan diadakannya kegiatan LDK kali ini. Harapan saya, pemuda-pemudi kampung Warmon semakin kompak dan dapat memajukan kampung menjadi lebih baik,” ujar Risma.