KKN GENESIA UMY Adakan Kelas Inspirasi

Agustus 19, 2017 oleh : BHP UMY

Kelompok Kuliah Kerja Nyata Mandiri Generasi Indonesia Mengabdi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KKN Mandiri GENESIA UMY) kembali mengadakan Kelas Inspirasi. Kelas Inspirasi tersebut diadakan di SD N 3 Sajang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, pada Sabtu (19/8), setelah sebelumnya diadakan di SD 1 Bilok Petung.

Menurut Nadya Selma Karamy selaku koordinator Divisi Pendidikan KKN GENESIA menjelaskan bahwa Kelas Inspirasi tersebut terinspirasi dari Komunitas Kelas Inspirasi Indonesia. Komunitas tersebut biasa mendatangkan orang-orang dari berbagai profesi seperti polisi, insinyur, dokter, dosen, atau lainnya untuk memberikan inspirasi kepada anak-anak, agar mereka termotivasi untuk memiliki cita-cita yang tinggi.

“Namun untuk Kelas Inspirasi yang kami adakan ini sedikit berbeda dan berubah konsepnya dari Kelas Inspirasi pada umumnya. Karena ternyata setelah melihat kondisi di lapangan, masih banyak terjadi kasus seperti pernikahan dini dan putus sekolah. Mereka yang putus sekolah biasanya dikarenakan permasalahan pada segi biaya atau karena mereka ingin melanjutkan pekerjaan ayahnya di ladang. Jadi, Kelas Inspirasi yang kami selenggarakan ini tujuannya adalah untuk memotivasi anak-anak desa Sembalun agar bisa melanjutkan pendidikannya,” jelas Nadya melalui rilis yang diterima Biro Humas UMY, Sabtu (19/8).

Nadya juga menambahkan, Kelas Inspirasi tersebut diikuti oleh 52 siswa yang merupakan gabungan dari kelas 4 sampai 6 SD N 3 Sajang. “Untuk rangkaian kegiatannya sendiri terdiri dari 3 sesi dengan pengajar dari teman-teman KKN sendiri. Materi yang disampaikan berupa motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat SMP, SMA bahkan Universitas. Selain itu, salah seorang teman kami yang asli dari Lombok juga memberikan pesan pada anak-anak Sembalun untuk bisa menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Karena setiap orang mendapatkan hak yang sama untuk menempuh pendidikan, begitu juga orang Lombok. Bahkan banyak orang hebat yang berasal dari Lombok,” imbuhnya.

Kegiatan Kelas Inspirasi ini juga didampingi oleh guru-guru SDN 3 Sajang. Mereka juga menyambut baik kegiatan Kelas Inspirasi yang diadakan oleh KKN Mandiri GENESIA UMY.

“Kegiatan ini sangat bagus, terlihat dari anak-anak yang sangat antusias untuk mengikuti. Saya juga berpesan kepada teman-teman apabila program KKN ini selesai, agar selalu ingat dengan desa Sajang. Jika ada waktu luang dan mampir ke SD N 3 Sajang, kami akan selalu menerima kedatangan teman-teman. Kami harapkan semoga teman-teman KKN UMY juga bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari adanya kegiatan ini,” ungkap Sahlun, S.Pd. selaku Kepala SD N 3 Sajang.

 

Sharing is caring!