Ketua Umum PWM DIY Dorong Mahasiswa Baru UMY Miliki Semangat Hidup Berkemajuan

Agustus 25, 2017 oleh : BHP UMY

Semangat hidup berkemajuan, inilah yang menjadi kredo dari berbagai amal usaha Muhammadiyah yang termasuk di dalamnya adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Hal tersebutlah yang disampaikan oleh Gita Danu Pranata. S.E., M.M, Ketua Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (PWM DIY) ketika memberikan materi Orientasi Studi Dasar islam (OSDI) di gedung Sportorium UMY pada hari Kamis (24/8). OSDI tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Masa Ta’aruf yang ditujukan kepada mahasiswa baru UMY angkatan 2017.

Gita menyampaikan bahwa sejak awal Muhammadiyah berdiri, organisasi ini sudah konsisten untuk mengamalkan ajaran Islam. “Menegakkan dan mengamalkan ajaran islam yang sebenar-benarnya yang bersumber kepada al-Quran dan as-Sunnah, ini yang menjadi dasar dari setiap kegiatan yang dilaksanakan Muhammadiyah. Begitu pula dengan UMY, dengan tagline Unggul dan Islami ini kita berharap dapat menghasilkan pribadi yang sejalan dengan semangat Muhammadiyah. Yaitu mahasiswa dengan prinsip hidup berkemajuan yang mampu membawa perubahan yang baik untuk kehidupannya,” ujarnya.

Menurut Gita, pribadi Muhammadiyah adalah seorang yang memiliki tauhid yang kuat dan memiliki semangat untuk beribadah. “Hidup manusia seyogyanya harus diorientasikan dengan ibadah. Ibadah disini tidak terbatas pada hal-hal seperti sholat dan puasa, namun juga dalam berbagai hal seperti menuntut ilmu misalnya. Kemudian bercermin kepada surat al-Jumu’ah ayat 10, di situ dijelaskan bahwa setelah sholat (ibadah) dilaksanakan maka kita dianjurkan untuk menyebar di muka bumi untuk mencari karunia Allah. Maka dari itu ilmu yang didapatkan di UMY harus kalian terapkan di masyarakat agar dapat bermanfaat dan mencapai karunia Allah. Inilah yang menjadi dasar dari prinsip berkemajuan,” ungkapnya.

“Anda merupakan orang yang bertanggung jawab atas perubahan diri anda. Seperti yang Allah firmankan dalam surat ar-Ra’d bahwa Ia tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka memutuskan untuk mengubah keadaan mereka sendiri. Ini mengisyaratkan bahwa untuk mencapai apa yang kita cita-citakan harus melalui usaha dari diri sendiri. Karena kita tidak akan mendapatkan hasil dari apa yang tidak kita usahakan, seperti dalam firman Allah dalam surat an-Najm ayat 39,” papar Gita.

“UMY akan mengajarkan anda menjadi pribadi yang memiliki semangat intelektual dan penguasaan pengetahuan yang juga dibarengi dengan kemampuan untuk memegang teguh ajaran Islam. Tujuannya agar anda dapat terdorong untuk berbuat yang terbaik bagi masyarakat dan berjuang untuk mewujudkan kehidupan yang penuh kedamaian dan kesejahteraan berdasar nilai-nilai Islam dan perundangan yang berlaku di Indonesia,” tutupnya.