Kenalkan Jumputan melalui Pekan Budaya 2018

Mei 5, 2018 oleh : BHP UMY

Warung Prancis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (WP UMY) mengadakan Pesta Budaya – Fete de la Culture 2018 dengan mengangkat tema Jumputan ala France. Pesta budaya ini diadakan selama tiga hari, dimulai dari hari Kamis (3/5) hingga Sabtu (5/8). Dalam kegiatan ini, WP UMY juga menampilkan berbagai foto bertajuk budaya yang ada di Prancis. Pesta budaya ini merupakan pesta budaya di tahun ketiga. Tidak hanya pameran foto saja, dihari pertama juga menampilkan beberapa kain Jumputan khas Jogja dan workshop pembuatan jumputan dengan model landmark Prancis.

Menurut Direktur dan Penanggung Jawab Warung Prancis UMY, Puthut Ardianto, M.Pd. acara ini telah menjadi acara tahunan WP UMY sejak tahun 2016. Acara ini merupakan acara pemahaman lintas budaya. “Selama tiga tahun berturut-turut, WP UMY selalu mengadakan pesta budaya dengan tema yang berbeda. Pada Pesta budaya tahun pertama, mengangkat apresiasi tarian nusantara dan di tahun kedua pesta budaya kedua musikalisasi fashion. Untuk kali ini, kami mengadakan workshop pembuatan jumputan dengan akulturasi budaya Indonesia dan Prancis, ” jelasnya.

Dalam acara ini, Warung Prancis UMY mengadirkan pelatih pembuatan Jumputan dari Kampung Tahunan, Umbulharjo, DIY. Para peserta pelatihan diajarkan cara menjumput dengan baik dan menjumput dengan mengambil ikon Prancis. Kembali Puthut mengungkapkan bahwa penyelenggaraan Pesta Budaya ini selalu diadakan di bulan Mei dan merupakan penanda akhir semester. “Kami berharap adanya pemahaman lintas budaya antara Indonesia dan Prancis yang semakin kuat. Tahun ini kita ingin bahwa tidak hanya tokoh dan fashionnya saja yang terkenal, tapi dengan landmark Prancis bisa dikenal dengan kain khas Indonesia tersebut,” tutupnya. (Darel)