KAUMY NTB Dikukuhkan

Februari 22, 2016 oleh : BHP UMY
20160220_171638-1(2)

Bendahara PP KAUMY Rita Kusumawati,SE.,M.Si (tengah) mewakili PP KAUMY menyerahkan SK Kepengurusan kepada Iwan Tanjung Sutarna selaku ketua DPD KAUMY NTB didampingi Kordinator KAUMY Bali-Nusra Arief Rachman di Aula Fisipol UM Mataram, Sabtu (20/2/2016)

 

Dewan Pengurus Daerah Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Nusa Tenggara Barat ( DPD KAUMY NTB) dikukuhkan. Pengukuhan DPD KAUMY NTB menunjukkan eksistensi alumni UMY yang telah tersebar di berbagai wilayah tanah air khususnya NTB. Para anggota KAUMY di NTB harus mampu membawa nilai-nilai baik yang didapat dari UMY ketika masih berstatus mahasiswa UMY.

Demikian diungkapkan Ketua DPD KAUMY NTB terpilih, Iwan Tanjung Sutarna di sela-sela pengukuhan DPD KAUMY NTB di Universitas Muhammadiyah Mataram, Sabtu (20/2/2016). Iwan yang juga alumni Prodi Ilmu Pemerintahan UMY Angkatan 2002 itu menuturkan, alumni UMY di NTB jumlahnya cukup banyak dan telah terjun di berbagai bidang. Selain itu, alumni UMY di NTB, lanjut Iwan, tidak sedikit yang telah menduduki posisi strategis mulai dari politisi, swasta hingga di pemerintahan.

“Aktifitas almuni di NTB bermacam-macam bergerak di berbagai macam bidang mulai dari politisi hingga birokrat,” kata Iwan.

Ia berharap dengan adanya KAUMY NTB dapat menjadi wadah silaturahim bagi seluruh alumni UMY yang berada di NTB. Terlebih alumni yang baru saja menyelesaikan studi dan memilih kembali pulang tentu saja mebutuhkan berbagai macam informasi penting mengenai peluang-peluang yang ada di NTB. Sehingga menurutnya penting sekali untuk terus menjalin komunikasi antar alumni.

“Ini bentuk tanggung jawab melanjutkan nilai-nilai baik yg telah diajarkan selama di UMY. Menyambung silaturrahim yg sempat terputus begitu selesai studi di Jogja. Jangan sampai selesai studi kita menghilang,” ungkap pengajar di FISIPOL Universitas Muhammadiyah Mataram itu.

Sementara itu perwakilan Pengurus Pusat KAUMY Rita Kusumawati,SE.,M.Si mengungkpakan, perkembangan alumni UMY di berbagai daerah di tanah air khususnya NTB menggembirakan, sebab, lanjutnya, saat ini alumni UMY semakin diperhitungkan. Menurutnya hal itu juga sejalan dengan perkembangan mahasiswa UMY yang semakin kompetitif saat ini, hal tersebut diyakininya juga akan melahirkan alumni-alumni yang berkualitas.

“Setiap daerah yang kami datangi, alumni UMY semakin diperhitungkan. Dari sisi mahasiswa semakin berkualitas. Alumni juga semakin berkualitas. Itu sangat menggembirakan bagi kampus UMY,” terang Rita di sela-sela penyerahan SK kepengurusan KAUMY NTB.

Pengajar Prodi Manajemen UMY itu menjelaskan, UMY menaruh harapan besar kepada para alumni. Menurutnya akreditasi A yang telah diraih UMY saat ini tidak terlepas dari jumlah alumni UMY yang telah menempati berbagai posisi penting di masyarakat. Oleh sebab itu pihaknya telah menargetkan pembentukan DPD KAUMY di seluruh daerah di Indonesia untuk membangun jejaring dan silaturrahim.

“Kampus menaruh harapan ke kita. Kita bentuk sinergi yang bagus. Akreditasi A tidak akan bisa didapatkan selama mahsiswanya tidak menempati posisi yang penting di masyarakat,” ungkap Rita yang juga berasal dari Selong, Lombok Timur NTB.

Sedangkan Kordinator KAUMY Bali-Nusra, Arief Rachman berharap KAUMY NTB dapat menunjukkan eksistensinya di masyarakat dengan menjalin kerjasama dengan media dan pemerintah daerah di NTB.

Bersamaan dengan NTB pada hari yang sama (20/2/2016) DPD KAUMY Banten juga dikukuhkan. Kemudian dalam dua minggu ke depan DPD KAUMY Samarinda dan Aceh juga akan dikukuhkan. (Kontributor BHP Lombok, Lalu Fahmy Aditia)