Kajian Kepribadian Ibdurrahman Penting Diterapkan Lembaga Pendidikan

Juli 27, 2018 oleh : BHP UMY

Pendidikan melalui berbagai pendekatan mesti menjadi media untuk memberikan dasar bagi pembentukan, peningkatan, pemantapan dan pematangan kepribadian anak didik. Semua komponen dalam kegiatan pendidikan baik guru, orang tua dan masyarakat bahkan harus diarahkan bagi tercapainya tujuan pendidikan. Untuk itu, kepribadian Ibdurrahman (kepribadian orang beriman) sangat penting untuk diterapkan dalam lembaga pendidikan.

Pada sidang disertasi yang dilaksanakan pada Jumat (27/7) di Gedung Pascasarjana kampus terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Yundri Akhyar menjelaskan hal tersebut, yang merupakan isi dari disertasinya yang berjudul ”Kepribadian Ibdaurrahman Dalam Al – Qur’an (Kajian Psikologi Pendidikan Islam)”. Disertasinya tersebut menjelaskan tentang keterkaitan antara pendidikan, karakter manusia, dan Allah. “Dalam proses pendidikan haruslah mengarah kepada pendekatan diri kepada Allah S.W.T untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Permasalahan kepribadian merupakan hal yang kompleks dan penting untuk dikaji. Untuk itu, saya mengungkapkan bahwa kepribadian Ibadurrahman yang seharusnya dimiliki oleh seorang hamba,” ujarnya.

Selanjutnya, Yundri memaparkan bahwa hal yang ditulisnya mempunyai efek yang cukup besar bagi lembaga pendidikan. “Karakteristik Ibadurrahman perlu selalu disampaikan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi, bahkan dimasukkan dalam visi dan misi lembaga – lembaga tersebut. Sehingga para siswa dan mahasiswa dididik menjadi pribadi yang taat kepada Allah, bisa mencipatakan kehidupan masyarakat yang aman dan jauh dari kemiskinan serta kegaduhan. Selanjutnya menjadi pribadi Ibadurrahman dan mengajak keluarga serta orang yang di sekitar kita untuk menjadi pribadi ini, berarti telah membantu orang – orang mendapatkan tempat istimewa di surga,” tuturnya.

Pada akhir sidang, Prof. Dr Yunahar Ilyas, Lc., M. Ag berpesan agar peneliti berikutnya bisa meneruskan penelitian Yundri tersebut. “Saya berharap kepada anda (Yundri Akhyar) untuk selalu berkarya. Semoga penelitian ini bisa menjadi refrensi bagi peneliti lain untuk mengembangkan pribadi Ibadurrahman sehingga menemukan indikator – indikator yang ditemukan dari kepribadian Ibadurrahman dalam Al – Quran,” tutupnya.

Yundri merupakan lulusan ke-43 dengan predikat sangat memuaskan dari Program Doktor Psikologi Pendidikan Islam dengan tim penguji terdiri dari Sri Atmaja P. Rosyidi, Msc.Eng., Ph.D., Prof. Yunahar Ilyas, Lc., M. Ag, Prof. Dr. Muhammad Chirzin, M.Ag., Dr. Arif Budi Raharjo, M.Si., Dr. Tasman Hamami, M.A., Dr. Muhammad Anis, M.A., Dr. Mahli Zainuddin, M.Si. (ak)