Jumlah Peserta KOMURINDO dan KOMBAT 2014 Meningkat dari Tahun Sebelumnya

April 28, 2014 oleh : BHP UMY

Baliho KomurindoDIKTI menyambut baik jumlah peserta KOMURINDO dan KOMBAT yang terus meningkat setiap tahunnya.  Tahun 2014 UMY terpilih sebagai tuan rumah dalam ajang bergengsi tersebut.

Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat DIKTI, Victoriana Suhartini menyebutkan, dari tahun ke tahun trend peserta KOMURINDO terus meningkat, khususnya tahun ini mencapai jumlah 74 tim dari 37 Perguruan Tinggi mengirimkan para mahasiswanya untuk bertarung dalam ajang prestisius untuk calon ahli roket Indonesia. KOMURINDO tahun ini, sambung Victoriana, juga diikuti oleh tiga tim yang baru pertama kali mengikuti event itu.

“Saya senang ada peserta baru dari Akademi Minyak dan Gas Bumi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, dan Universitas Muhammadiyah Mataram,” katanya di Kampus UMY beberapa waktu lalu.

Victoriana menilai peningkatan jumlah peserta itu sebagai suatu hal yang positif karena merupakan indikator bahwa minat mahasisawa makin tinggi di bidang kedirgantaraan. KOMURINDO dan KOMBAT, lanjutnya, dapat menyaring lebih banyak lagi bibit unggul bagi perkembangan dunia kedirgantaraan Indonesia ke depannya.

“DIKTI menyambut baik trend peningkatan peserta ini. Karena minat mahasiswa di bidang kedirgantaraan makin tinggi dan dapat menyaring bibit unggul di bidang kedirgantaraan,” lanjutnya.

Ia menuturkan UMY terpilih menjadi tuan rumah dalam gelaran tersebut karena DIKTI menganggap UMY telah memiliki banyak pengalaman dalam mengadakan event skala nasional maupun internasional. Ia menyinggung pelaksanaan Pimnas 2012 yang diselenggarakan oleh DIKTI di UMY berlangsung dengan sangat baik, bahkan menjadi standar bagi kampus yang ingin menjadi tuan rumah Pimnas.

Victoriana mengatakan DIKTI tidak akan kapok bekerja sama dengan UMY bahkan ke depan pihaknya telah berencana untuk menggandeng UMY dalam Kontes Robot Internasional yang akan diselenggarakan pada tahun 2015. “DIKTI tidak kapok-kapok bekerjasama dengan UMY, tahun depan konters robot gandeng UMY lagi,” lanjutnya.

Rektor UMY, Prof. Dr. Bambang Cipto, MA berterima kasih  karena UMY telah diberikan kepercayaan sebgai tuan rumah pada pada ajang yang bergengsi tersebut. Ia mengatakan UMY sangat mendukung gelaran KOMURINDO dan KOMBAT sebagai wadah para mahasiswa mengembangkan teknologi atmosfir dari sekarang untuk kemajuan bangsa di masa depan.

“Jadikan angkasa sebagai tantangan untuk membangun Indonesia yang maju di masa depan. Kita punya hak untuk mengeksplor langit, tidak hanya bumi, karena sesungguhnya langit dan bumi diciptakan Allah untuk dieksplorasi,” tukasnya.