Job Fair UMY 2013 Resmi Dibuka

Oktober 8, 2013 oleh : BHP UMY

job fair 2013

Pengguntingan pita oleh kepala Disnakertrans DIY  Ir. Budi Antono, M.Si didampingi rektor UMY Prof. Dr. Bambang Cipto, MA menandai dibukanya Job Fair UMY 2013 di Sportorium UMY, Selasa (8/10). Acara Job fair tersebut  diikuti oleh 51 perusahaan yang bergerak dalam ber

Kepala Dinaskertrans DIY dalam sambutannya mengungkapkan, tingginya angka pengangguran sarjana di DIY disebabkan oleh terbatasnya kesempatan kerja pada sektor formal. Hal tersebut lanjut Budi disebabkan oleh jumlah penduduk yang tinggi tidak diimbangi oleh jumlah ketersersediaan lapangan kerja serta diperburuk oleh efektivitas bursa kerja yang rendah.  “Salah satu permasalahan yang ada saat ini adalah jumlah lapangan kerja dan rendahnya efektivitas bursa kerja. Terlihat dari 120 kursi lowongan CPNS di DIY direbutkan oleh 19.000 orang. Artinya 1 orang harus bersaing dengan 163 orang lainnya,” katanya.bagai bidang turut dihadiri oleh Kasubdit Bursa Kerja Kemenakertrans. Diharapkan acara tersebut dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada di DIY.

Hal tersebut diperburuk oleh banyak lulusan universitas yang dinilai belum siap dan belum memiliki pengalaman kerja karena belum adanya kesepahaman anatara lembaga pendidikan dan dunia kerja. “Tingginya pengangguran sarjana karena kesempatan pada sektor formal terbatas dan kurangnya link and match antara lembaga pendidikan dan dunia kerja, sehingga pengguna tenaga kerja tidak mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas,” ungkapnya.

Budi menyatakan permasalahan tersebut harus segera dicarikan solusi  dengan melibatkan kerjasama semua pihak termasuk pemerintah, lembaga pendidikan, pengguna tenaga kerja dan sektor swasata. Permasalahan efektivitas bursa kerja yang ada, lanjut Budi, dapat diatasi dengan memaksimalkan informasi bursa kerja melaljui Job Fair.

“Masalah itu dapat diatasi dengan informasi bursa kerja yang baik dengan mempertemukan pencari kerja  yang baik dengan mempertemukan pencari kerja dengan pengguna. Seperti Job Fair ini, dengan harapan informasi bursa kerja yang tepat dapat menempatkan pencari kerja yang tepat ditempat yang tempat.”

Sementara itu rektor UMY, Prof Bambang Cipto, MA mengucapkan terimakasih kepada Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta Disnakertrans DIY yang telah memberikan kepercayaan kepada UMY dalam bekerjasama pada penyelenggaraan Job Fair UMY 2013 ini. “Terima kasih kepada Kepala dinas Disnakertrans DIY yang telah memberikan kepercayaan kepada kami,” tuturnya.

Ia meyakini acara tersebut akan membantu alumni UMY dan para pencari kerja DIY dalam menemukan lapangan perkerjaan. Ia juga berharap kerjasama UMY dengan Disnakertrans dapat terus terjalin kedepannya. “Saya yakin ini akan sangat membantu lulusan UMY dan pencari kerja DIY. Semoga kesempatan seperti ini dapat terulang kedepannya,” ujarnya. (Lalu)