Job Fair 2013 Kerjasama Dinaskertrans dengan UMY Sediakan Ribuan Lowongan Kerja

Oktober 9, 2013 oleh : BHP UMY

job fair 2013

Hari kedua pelaksanaan Job Fair UMY 2013 yang berkerjasama dengan Dinakertrans DIY di sportorium dipadati ribuan job seekers. Tak kurang bursa kerja yang ditawarkan mencapai ribuan lowongan. Diharapkan acara tersebut mampu meyerap para pencari kerja di DIY, maahasiswa dan alumni UMY sendiri.

Pada Job Fair kali ini panitia penyelenggara mencatat tak kurang dari 8.408 lowongan kerja bagi lulusan SLTA hingga perguruan tinggi tersedia pada event tersebut. Salah satunya adalah PT. Sritex, perusahaan yang bergerak dalam bidang garment tersebut membuka lowongan sebanyak 5.271 posisi yang dapat diisi oleh lulusan SLTA hingga perguruan tinggi.

Basuki Murdowo selaku Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja Disnakertrans DIY ketika meninjau acara mengungkapkan kepuasannya dengan pelaksanaan Job Fair hari kedua itu. Ia mengapresiasi pelayanan panitia yang dinilai baik. “Kami mengucapkan terimakasih pada peserta yang sudah berpartisipasi. Stand yang disediakan panitia penuh. Job Fair kali ini tempatnya lebih bagus, relative disiplin, dan semarak. Pelayanan panitia lebih bagus dari job fair yang kita pernah adakan diluar,” ungkapnya.

Basuki mengaku acara Job Fair yang dilaksanakan di lingkungan kampus cenderung di dominasi oleh lulusan perguruan tinggi. Padahal, kata Basuki, disini tersedia banyak sekali lowongan untuk para lulusan SLTA dan masyarkat pada umumnya. “Penganggur terbanyak dari lulusan SLTA. Kedepannya kita menginginkan acara job fair dapat mengakomodasi semua lapisan masyarakat,” katanya.

Ia berharap kedepannya terus dapat bekerjasama dengan UMY untuk menyelenggarakan acara serupa dengan menambahkan pelatihan-pelatihan yang bermanfaat bagi para mahasiswa UMY serta dapat mengundang perusahaan yang lebih besar lagi. “Kami tengah mengkaji  untuk pelaksanaan job fair berikutnya akan disertai seminar kesiapan kerja, agar mental para mahasiswa  siap. Dengan begitu kita berharap alumni UMY dapat diterima diperusahaan-perusahaan besar itu,” tuturnya.

Disisi lain, Triyana selaku ketua panitia Job Fair UMY 2013 menuturkan, para pencari kerja yang memadati job fair hari kedua telah mencapai ribuan pengunjung. “Hari kedua diharapkan naik diatas seribu pengunjung karena target kita seribu pengunjung perhari,” jelasnya.

Dalam acara tersebut Disnakertrans DIY juga menyediakan pengurusan kartu pencari kerja AK1 atau yang akrab disebut kartu kuning pada arena Job Fair tersebut. Para pencari kerja asal Kota Jogja, Sleman, Gunung Kidul, dan Kulon Progo dapat membuat kartu tersebut dengan menunjukkan Foto Copy KTP, Ijazah terakhir, serta pas foto ukuran 3×4 berwarna sebanyak 2 lembar. (Lalu)