Jalin Silaturrahim, Dosen STAI Muhammadiyah Tulungagung Kunjungi UMY

November 8, 2016 oleh : BHP UMY

img_2459

Perguruan Tinggi Muhammadiyah selalu berupaya meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan senantiasa menjalin silaturrahim satu sama lain. Oleh karena itu, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muhammadiyah Tulungagung melakukan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Selasa (08/11).

Dalam kunjungan yang dilaksanakan di ruang sidang Komisi gedung AR. Fakhruddin A lantai 5 tersebut, kedua pihak saling bertukar gagasan tentang beberapa sistem yang ada di perguruan tinggi. Kepala Biro Akademik UMY, Drs. Bambang Rahmanto menyampaikan materi diskusi antar kedua pihak terkait peningkatan kualitas akademik sebuah universitas.

“Kami akan mendiskusikan masalah penerimaan mahasiswa baru, Badan Penjaminan Mutu (BPM), akreditasi universitas, dan bahkan kerjasama. Kami juga memaparkan tentang cara pengajuan program studi baru kepada Kemenristek Dikti, yang saat ini sistemnya sudah dapat dilakukan melalui online, dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh universitas,” jelas Bambang.

Perwakilan dari STAI Muhammadiyah Tulungagung, Nur Amin, menjelaskan tujuan kunjungan yang dilakukan STAI Muhammadiyah Tulungagung ke UMY. “Sebagai sesama perguruan tinggi Muhammadiyah, kami ingin melakukan kerjasama antar beberapa PTM. Hal ini erat kaitannya untuk menunjang kualitas antar universitas dan bahkan akreditasi,” terang Amin.

Amin juga mengungkapkan bahwa sebagai Sekolah Tinggi yang baru memiliki tiga program studi, STAI Muhammadiyah Tulungagung perlu belajar dari UMY sebagai salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang unggul. “Jumlah mahasiswa kami masih sedikit, belum sebanyak UMY. Dan akreditasi kami masih C. Jadi kami ingin belajar dari UMY terutama untuk meningkatkan prestasi akreditasi STAI Muhammadiyah Tulungagung,” ungkap Amin.

Dalam kunjungan tersebut dihadiri oleh 8 orang dosen perwakilan dari STAI Muhammadiyah Tulungagung. Sedangkan dari UMY sendiri, Wakil Rektor II, Dr. Suryo Pratolo, M.Si., Akt., turut hadir dalam pertemuan tersebut, didampingi oleh Kepala Biro Akademik UMY, Drs. Bambang Rahmanto, dan Kepala Urusan Mahasiswa Internasional, Biro Kerjasama UMY, Idham Badruzaman, S.IP., M.A.