Jalin Silaturahmi Bersama Alumni, Tambah Bekal Mahasiswa UMY Untuk Meraih Mimpi

Mei 4, 2019 oleh : BHP UMY

Alumni merupakan salah satu pilar penting bagi mahasiswa, selain menjadi contoh terhadap prestasi-prestasi yang telah diraih, alumni juga mampu menjadi salah satu penyemangat bagi mahasiswa yang masih aktif di universitas. Oleh karena itu, guna menjalin silaturahmi dan membangkitkan semangat mahasiswa dalam meraih cita-cita yang diimpikan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menggelar acara Alumni Awards 2019 pada, Jumat (3/4) bertempat di Lobby Pascasarjana UMY.

Hilman Latief, M.A., Ph.D sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK dalam sambutannya menegaskan bahwa proses yang dilalui untuk mendapatkan data-data alumni sudah melalui tahapan. “Acara Alumi Awards di UMY ini sudah diselenggarakan tahun lalu, malam hari ini adalah yang kedua kalinya. Acara ini digelar guna meningkatkan silaturahmi dengan alumni, telah kami lakukan proses yang cukup panjang, ada puluhan nama yang masuk di sekretariat melalui usulan dari prodi dan juga dosen-dosen aktif. Setelah itu kami melakukan proses seleksi dan kami tentukan siapa kira-kira yang akan menerima penghargaan pada hari ini,” tegas Hilman.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP menambahkan harapannya terkait diselenggarakannya acara Alumni Awards. “Acara ini merupakan salah satu bentuk bagaimana kampus itu menjalin silaturahim dengan alumninya, dan mengapresiasi kinerja-kinerja yang luar biasa yang dilakukan oleh para alumninya. Mudah-mudahan acara ini bisa menjadi tradisi yang berlangsung setiap tahun. Karena ini menjadi salah satu bukti bahwa banyak alumni UMY yang sudah berkiprah kemana-mana, banyak juga alumni UMY yang sudah menjadi orang-orang hebat, sineas, penulis, CEO, dan direktur perusahaan besar,” tambahnya.

“Dan kami juga akan menghadirkan alumni UMY yang telah berkiprah jauh di luar sana di hadapan para wisudawan. Harapannya dengan dihadirkannya alumni, dapat menjadi salah satu pemantik semangat bahwa ini merupakan satu contoh yang baik untuk wisudawan. Bagaimana menjadi orang yang selalu berfikir positif, kemudian menjadi orang yang memiliki daya juang tinggi, motivasi yang hebat, dan itu yang kita butuhkan,” lanjutnya.

Dalam penyerahan penghargaan kepada alumni tahun ini, Outstanding Alumni Awards diberikan kepada Dr. Lalu Muhammad Iqbal, yang merupakan alumnus Hubungan Internasional UMY tahun 1991. Ia juga resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Turki yang berkedudukan di Ankara. Dalam penyampaian sambutan saat menghadiri acara Alumni Awards, Lalu Muhammad Iqbal memberikan catatan terhadap UMY. “Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan beberapa catatan terhadap UMY. UMY saat ini telah melewati fase membuktikan eksistensinya, bahwa eksistensi UMY telah diakui dimanapun. Dilihat dari sekarang alumnus UMY yang masuk Kemenlu dari masuk awal sudah rangking satu. Jadi saya kira sudah tidak ada lagi teman-teman yang keluar UMY dengan rasa terintimidasi. Terbukti UMY dapat membuktikan dengan alumni-alumninya yang membanggakan di luar sana. Itu menjadi salah satu penyemangat bagi mahasiswa saat ini untuk meraih mimpi,” papar Lalu.

“Saya rasa sekarang tidak ada yang tidak mengakui bahwa UMY itu merupakan salah satu universitas yang berada pada strata atas. Periodenya kedepan adalah periode pembuktian kontribusi. Masyarakat, bangsa kita, dan negara kita harus dapat merasakan bahwa keberadaan alumni-alumni UMY di tempat mereka itu bisa memberikan kontribusi. Oleh karena itu kedepannya saya berharap pemberian penghargaan seperti ini akan sangat memberikan dorongan kepada alumni kita,” imbuh Lalu.

Penghargaan yang diberikan pada acara Alumni Awards 2019 ini juga diberikan kepada alumnus di setiap fakultas yang ada di UMY. Adapun penerima penghargaan tersebut adalah Akademisi dan Aktivis Muhammadiyah di Nusa Tenggara Barat, H. Falahuddin, S.Ag., M.Ag, Sutradara Film, Yuda Kurniawan, S.IP, Direktur PT WAHANA ARTA MAS (WAM GROUP), Muhammad Akbar, S.T, Aktivis Lingkungan, dr. Bintari Wuryaningsih, SE, Pengusaha (Owner Bahana Batik), Erwin Yuniati, S.H, Birokrat dan Aktivis Lingkungan, Dr. H. Aready, SE., M.Si,Birokrat dan Pelaku Penyiaran, Lukmanawati Rahayu, S.P. (CDL)