Isi Ramadhan di Kampus, UMY Libatkan Masyarakat

Agustus 19, 2011 oleh : BHP UMY

Ramadhan meriah membawa berkah, bisa menjadi ungkapan yang sesuai untuk menggambarkan suasana Ramadhan di sekitar kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Kegiatan ramadhan yang melibatkan masyarakat sekitar serta mengundang sekitar 500 anak yatim untuk berbuka bersama.

Seperti disampaikan oleh Drs. Mohammad Mas’udi, M.Ag., Ketua Panitia Ramadhan Di Kampus (RDK UMY),  berbagai kegiatan dilakukan untuk mengisi bulan ramadhan. Hal ini agar suasana Ramadhan yang khidmat akan menjadi momen istimewa untuk meningkatkan ketaqwaan sekaligus ibadah kepada sesama.

“Sejak ramdhan hari pertama berbagai kegiatan dilakukan. Salah satunya yaitu ‘Kajian Ba’da Dhuhur’ yang menghadirkan Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammdiyah, Drs. Oman Fathurahman, M.Ag sebagai pemateri. Ini berlangsung hingga Kamis kemarin,”jelasnya di sela-sela acara Buka Bersama Sahabat Yatim, Duafa, Tuna Netra (BERSAHABAT) Kamis (18/8) sore.

Selanjutnya masyarakat juga dilibatkan untuk mengikuti agenda kegiatan Pasar Murah dan Pengajian Akbar di lantai dasar Masjid K.H. Ahmad Dahlan UMY. “Pasar Murah RDK menjual 500 paket sembako dengan harga murah. Misalnya sembako Rp. 50.000,- dijual Rp. 15.000,-. Sasarannya adalah Takmir Masjid, Jama’ah Masjid, serta petugas Cleaning Service dan taman,” Mas’udi menjelaskan.

Dalam pemaparannya, selain melibatkan warga sekitar, juga mengundang sekitar 500 anak yatim dari berbagai wilayah di Yogyakarta untuk mengikuti buka bersama. Selain anak yatim pada kesempatan tersebut UMY juga memberikan Al Qur’an Braile kepada anak-anak penyandang tuna netra.

Tidak hanya masyarakat dewasa, dalam penuturannya, anak-anak juga turut meramaikan rangkaian acara RDK UMY. “Anak-anak  turut berpartisipasi dalam Festival Anak Soleh.  Ada beberapa lomba yang digelar dalam festival ini, antara lain Lomba Hafal Al Quran, Lomba Seni Lukis dan gambar. “tambahnya.