IPOLS UMY Kerjasama BaMUIs Bersama UNIDA Gontor

Maret 3, 2018 oleh : BHP UMY

Bina Mahasiswa Unggul dan Islami (BaMUIs) sudah menjadi acara tahunan yang diselenggarakan oleh International Program for Law and Sharia (IPOLS) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pada tahun ini, kegiatan BaMUIs yang diselenggarakan juga menggandeng Fakultas Syariah Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, Ponorogo, Jawa Timur.

Kegiatan yang telah digelar pada 16 hingga 20 Februari yang lalu, di UNIDA Gontor ini juga diikuti oleh 48 mahasiswa IPOLS angkatan 2016. Dalam rilis yang diterima Biro Humas UMY, pada Sabtu (3/3), Direktur IPOLS UMY H. Nasrullah, S.H., S.Ag., MCL mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya IPOLS UMY untuk membentuk sarjana Muslim yang berakhlak mulia.

“Selain itu juga agar para mahasiswa memiliki aqidah Islamiyah yang baik, percaya diri dan tumbuh kebanggaan dalam diri mahasiswa sebagai seorang Muslim. Tak hanya itu, tujuan lainnya juga untuk membentengi mahasiswa dari ancaman dan bahaya pemikiran yang destruktif terhadap sikap dan kepribadian seorang Muslim,” ungkap Nasrullah.

Nasrullah juga berharap agar melalui kegiatan pembinaan itu, mahasiswa jurusan hukum dari kedua institusi tersebut dapat menjadi muslim yang berakhlak mulia dan percaya diri. Serta yang tak kalah pentingnya adalah memiliki kesadaran dan tanggungjawab sebagai mahasiswa Fakultas Hukum dalam pembangunan hukum nasional yang lebih baik.

Nasrullah juga menyebutkan bahwa dalam kegiatan tersebut, mahasiswa dibekali dengan materi-materi tentang keislaman dan dikenalkan tentang Pondok Modern Gontor. Materi-materi tersebut diberikan dalam enam sesi, yakni sesi untuk Aqidah yang Lurus Dasar Kepribadian Muslim; Prasyarat dan Kiat Menjadi Pribadi Muslim yang Unggul dan Islami; Ancaman dan Bahaya Westernisasi, Liberalisasi, dan Pluralisme; Kontribusi Hukum Islam (Syariah) Dalam Pembangunan Hukum Nasional; Mengenal dan Membangun Kembali Peradaban Islam; dan Mengenal Panca Jiwa Pondok Modern Darussalam Gontor.