IPIEF UMY Kunjungi PCIM Malaysia

Agustus 29, 2017 oleh : BHP UMY

Mahasiswa International Program for Islamic Economics & Finance (IPIEF) UMY melakukan kunjungan ke Pengurus Cabang Istimewa (PCIM) Malaysia pada 19 Agustus 2017 yang lalu. Kunjungan tersebut dilakukan dalam upaya mendorong mahasiswa IPIEF UMY agar bisa mempelajari budaya dan kondisi negara lain, sesuai dengan kredo UMY “Muda Mendunia”.

Menurut Dimas Bagus Wiranata Kusuma, selaku dosen Prodi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMY yang juga ikut mendampingi mahasiswa IPIEF, PCIM Malaysia dipilih karena posisinya yang paling kuat dalam program internasionalisasi Muhammadiyah. “Kami memilih PCIM Malaysia dalam program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mahasiswa IPIEF UMY karena diantara negara ASEAN, peran dan posisi Malaysia ini tampak paling kuat sebagai titik tumpu program Internasionalisasi Muhammadiyah,” ungkapnya melalui rilis yang diterima Biro Humas UMY pada Selasa (29/8).

Pada kunjungan tersebut, delegasi IPIEF UMY diterima langsung oleh Dr. Sonny Zulhuda selaku Ketua Umum PCIM Malaysia. Dalam sambutannya, Dr. Sonny yang juga merupakan dosen di International Islamic University Malaysia (IIUM) tersebut, menurut Dima menekankan beberapa poin penting pada mahasiswa IPIEF UMY.

“Pertama, dari aspek kesejarahan pendirian Muhammadiyah di Malaysia. Beliau memaparkan bahwa Muhammadiyah resmi berdiri di Malaysia pada tahun 2007. Poin kedua, beliau mengulas tentang pendirian University Consortium Muhammadiyah Malaysia di Johor. Dan poin ketiga, beliau memberikan nasihat mengenai semangat berkorban dan berjuang, terutama bagi mahasiswa di lingkungan Muhammadiyah,” imbuh Dimas lagi.

Dalam kesempatan yang sama, mahasiswa IPIEF UMY juga mendapat kesempatan untuk mempresentasikan kajiannya tentang Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia dalam Forum ISEFID (Islamic Economic Forum for Indonesian Development).

Sharing is caring!