IPAcc UMY Terima Kunjungan Dari USIM

Agustus 23, 2017 oleh : BHP UMY

Internasional Program of Accounting Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (IPACC UMY) menerima kunjungan dari University Sains Islam Malaysia (USIM) pada Selasa (22/8) di ruang amphiteater Pasca Sarjana Kampus Terpadu UMY. Dalam kunjungan tersebut, keduanya berdiskusi mengenai pertukaran pelajar pada program studi akuntansi, yang telah ditawarkan pihak USIM sejak satu tahun terakhir.

Kunjungan tersebut diikuti oleh 27 mahasiswa dan 2 dosen pendamping dari USIM. Dalam kunjungan itu juga terdapat beberapa agenda diantaranya kuliah umum, focus group discussion serta monsoon (pelatihan komputer).

dr. Nurhidayah Laila salah satu dosen dari USIM mengatakan bahwa kunjungan tersebut merupakan salah satu program dari USIM untuk mengenalkan budaya luar kepada mahasiswanya. “Ini adalah program kami untuk mengenalkan budaya yang ada di negara lain kepada mahasiswa. Sehingga, mahasiswa mengetahui perkembangan yang terjadi serta belajar hal baru, khususnya mengenai akuntansi konvensional dan Islam di Indonesia. Selain Negara Indonesia USIM juga melakukan kunjungan ke beberapa Negara lain seperti Thailand, Vietnam, Australia, dan U.S. Selain itu, kami juga berkunjung ke beberapa industri di beberapa negara,” ungkapnya.

Nurhidayah juga menjelaskan dipilihnya UMY sebagai tujuan kunjungannya ke Indonesia. Menurutnya, antara UMY dan USIM sama-sama mempelajari tentang akuntansi konvensional dan Islam serta telah menjalin kerjasama sejak lama. Hal tersebut terlihat dari pertukaran pelajaran yang telah dilakukan selama ini. Nurhidayah juga berharap dengan adanya acara ini bisa lebih meningkatkan kerjasama pertukaran pelajar di beberapa jurusan, sehingga bisa meningkatan pendidikan kedua universitas ke arah yang lebih baik.

Sementara itu, Ketua Panitia Zico Septian Amar mengatakan bahwa seluruh peserta sangat antusias mengikuti rangkain acara yang telah diagendakan tersebut. Zico juga berharap dengan adanya acara ini program pertukaran pelajar yang terjalin bisa lebih meningkat lagi dan mahasiswa yang mengikuti program tersebut bisa mendapatkan gelar double degree. Setelah kunjungan dari pihak USIM tersebut, IPAcc UMY juga berencana akan mengadakan kunjungan balasan ke USIM pada tahun 2018. (zaki)