International Tropical Medicine Summer School (ITMSS) Kembali Digelar

Agustus 11, 2015 oleh : BHP UMY

1439227694475

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Keperawatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menggelar International Tropical Medicine Summer School (ITMSS). Kegiatan Summer School ini diselenggarakan oleh Jurusan Ilmu Pendidikan Kedokteran Umum UMY. Acara yang berlangsung sejak tanggal 10 hingga 24 Agustus tersebut dihadiri oleh 24 peserta yang terdiri dari 13 negara, yaitu Hungaria, Latvia, Saudi Arabia, Polandia, Rusia, Jerman, Tunisia, Thailand, Italia, Netherland, Bahrain, Korea Selatan, dan Nigeria.

Malam acara pembukaan ITMSS yang berlansung pada Senin (10/8) bertempat di Convention Hall Asri Medical Center (AMC) tersebut, turut dihadiri dan dibuka secara langsung oleh drg. Daryanto Chadori, M.Kes, yang merupakan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dalam sambutannya Daryanto mengungkapkan, kegiatan ITMSS ini sangat baik untuk perkembangan ilmu kedokteran dan kesehatan di Indonesia, khususnya di Yogyakarta. Karena memiliki nilai dan tujuan untuk mempelajari isu-isu mengenai perkembangan ilmu kedokteran dan kesehatan yang saat ini terjadi. “Acara Summer School seperti ini sangat dapat membantu untuk peningkatan mutu program dan kualitas pendidikan, dari bidang ilmu kedokteran dan kesehatan di Indonesia khususnya di Yogyakarta,” ucapnya.

Ditambahkan Daryanto, diharapkan kepada seluruh peserta dapat saling belajar dan mempererat tali persaudaraan antar peserta, dan menjadi ajang perkenalan budaya masing-masing negara dari berbagai belahan dunia. “Saya berharap, seluruh peserta dapat saling berdiskusi dan bertukar pikiran untuk melihat dan memperbaiki mutu kualitas kesehatan dan ilmu kedokteran, di masing-masing perwakilan negara dan menjadikan ajang ini sebagai perkenalan masing-masing budaya negara,” tambahnya.

Sementara itu, Zahratul Halifah selaku Ketua Acara ITMSS menuturkan, di tahun ke 11 terselenggaranya ITMSS, pada tahun ini tema yang diusung yaitu “Achieving MDGs point : Tropical Country Disease Eradication”. Dalam kegiatan ITMSS tersebut terbagi atas dua kategori, yaitu edukasi, dan non edukasi. “Untuk kategori edukasi sendiri, kami akan mengadakan materi pembelajaran, FGD (Forum Group Discussion), dan praktek mengenai isu penyakit tropis, seperti penyakit malaria, dengue fever, leptospirosis, dan tuberculosis,” paparnya.

Ditambahkan oleh Zahratul, tujuan dari diangkatnya ke empat isu penyakit tersebut pada dasarnya untuk meeradikasi jenis-jenis penyakit tersebut di Indonesia. “Eradikasi yang kami maksud disini bukan berarti menghilangkan jenis-jenis penyakit tersebut di Indonesia, melainkan mencoba untuk mengedukasi masyarakat untuk mengurangi penyebaran dampak dari ke empat jenis penyakit tersebut di Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, Bassam Ali Albaiji, salah satu peserta ITMSS dari Arab Saudi mengungkapkan, dengan mengikuti kegiatan Summer School ini, ia berharap nantinya dapat membantu negaranya dalam menangani permasalahan kesehatan, khususnya penyakit Tuberculosis yang masih cukup tinggi penyebarannya di Arab Saudi. “Saya berharap dengan mengikuti ITMSS ini dapat mendapatkan suatu yang baru dari bidang kesehatan, khususnya dari penyakit Tuberculosis, yang nantinya ilmu yang saya dapatkan di ITMSS ini dapat membantu negara saya dalam menangani penyebaran Tuberculosis,” paparnya.