Ilmu Ekonomi UMY Juara LKTI, UMY Tuan Rumah Kongres IMEPI 2016

November 12, 2014 oleh : BHP UMY

20141108_133017Permerintah baru diharapkan dapat meningkatkan ekonomi berbasis kesejahteraan masyarakat dengan mengajak dan mendampingi peran swasta dalam hal peningkatan sektor pangan. Solusi utama yang harus difokuskan adalah dengan meningkatkan sektor pangan yang terfokus pada sektor pertanian.

Inilah point utama yang disampaikan dalam Artikel Ilmiah karya mahasiswa Ilmu Ekonomi UMY, yang berhasil meraih Juara II pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) 2014. LKTI 2014 yang mengangkat tema “Menuju Indonesia Berdaulat Ekonomi” ini, diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Indonesia (IMEPI) dan bertempat di Universitas Negeri Surakarta Solo pada 9 November 2014.

Sementara, artikel ilmiah yang berjudul “Optimalisasi Peran Stakeholder Melalui Konsep Trickle Down Effect Menuju Kedaulatan Sektor Pangan” karya mahasiswa IE UMY ini, berbicara tentang konsep yang dapat memaksimalkan jumlah petani dengan lahan yang terbatas. Caranya yakni dengan membuat lahan yang berada di atas gedung atau yang sering disebut dengan Skyline. Artikel tersebut juga menjelaskan sekaligus memberi solusi mengenai rendahnya pemberdayaan sektor pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan peningkatan ekonomi mandiri Indonesia.

Keberhasilan Artikel Ilmiah yang digagas oleh Fadli Yashari dan Triwahyuni mahasiswa Ilmu Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) angkatan 2012, berpengaruh terhadap pemilihan tuan rumah Kongres IMEPI 2016. Alhasil UMY terpilih secara aklamasi dalam rapat pemilihan tuan rumah Kongres LKTI 2016.

Menurut Fadli, saat ditemui di program studi Ekonomi UMY, Selasa (11/11), mengatakan bahwa artikel yang berhasil meraih juara II dalam LKTI Nasional 2014 ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam membangun bangsa dengan gagasan tertulis. Sehingga karya ilmiahnya itu dapat ditindak lanjuti dengan disampaikan kepada pemerintah, serta diadakan penelitian lanjutan untuk mengukur tingkat efektifitas gagasan yang disampaikan oleh pihaknya.

“Kami sangat bangga dapat mengharumkan nama UMY. Namun, kami juga berharap bahwa gagasan tertulis ini tidak hanya diapresiasi oleh panitia, tapi lebih dari itu bisa ditindak lanjuti untuk disampaikan ke pemerintah demi membangun bangsa kita ke depan. Saya pribadi juga berharap nantinya bisa dilakukan penelitian lanjutan untuk mengukur tingkat efektifitas gagasan yang disampaikan dalam artikel ilmiah yang kami susun ini,” ungkap Fadli.

Selanjutnya Fadli menambahkan, selain berhasil menjadi juara II LKTI, dirinya juga mengungkapkan bahwa hal tersebut berpengaruh kepada kepercayaan dari forum anggota untuk memilih UMY menjadi Tuan Rumah IMEPI pada 2016 mendatang, sehingga UMY menjadi Universitas Swasta pertama yang menjadi Tuan Rumah dalam sejarah kongres tahunan IMEPI.

“Akibat dari penghargaan yang diraih oleh karya ilmiah, pada rapat pemilihan tuan rumah Kongres IMEPI 2016 pantia memilih UMY secara aklamasi dan memenangkan voting dalam pemungutan suara dalam pemilihan tuan rumah IMEPI 2016. Karena itu UMY terpilih menjadi universitas swasta pertama yang akan menyelenggarakan IMEPI pada 2016 mendatang,” imbuhnya. (Shidqi)

Sharing is caring!