HMJ KPI UMY Gelar Festival Dakwah Nasional

Mei 11, 2016 oleh : BHP UMY

Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (HMJ KPI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), untuk kali pertamanya menggelar acara FESDANAS (Festival Dakwah Nasional). Acara ini berlangsung sejak Selasa hingga Rabu (10-11/5)), dengan berbagai rangkaian acara, seperti talk show dan bedah buku dengan tema “Berdakwah kata, Berjodoh Kita” bersama Fahd Pahdepie penulis buku “Jodoh” dan “Rumah Tangga” yang juga merupakan alumni jurusan Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HI UMY). Acara talkshow dan bedah buku yang diselenggarakan pada Selasa (10/5) tersebut berlangsung di lantai dasar masjid KH. Ahmad Dahlan, kemudian pada sore harinya dilanjutkan dengan acara “Bakti Sosial dan Ramah Tamah” yang bertempat di Panti Asuhan Putra/Putri Luwano Muhammadiyah dengan pembicara Drs. Afnan Hadikusumo.

Menurut Ketua HMJ KPI UMY, Tulus Rega Wahyuni E, kegiatan FESDANAS tersebut selain bertujuan untuk menjalin silaturrahim yang lebih luas lagi antar mahasiswa KPI UMY dengan masyarakat, juga menjadi sarana mereka dalam menyampaikan dakwah kepada masyarakat luas. Mengingat saat ini cara untuk melakukan dakwah tidak harus melulu disampaikan melalui mimbar atau hanya bisa disampaikan oleh seseorang yang disebut sebagai da’i atau ustadz. “Berdakwah bukan hanya tugas da’i, tapi seniman pun bisa berdakwah,” ungkapnya, saat memberikan sambutan pada acara talkshow dan bedah buku “Berdakwah Kata, Berjodoh Kita”, Selasa (10/5).

Hal senada juga disampaikan oleh Muhammad Ibnu Khamdi, selaku Ketua Panitia FESDANAS. Menurutnya, tujuan dari diselenggarakannya kegiatan FESDANAS tersebut adalah untuk menjalin silaturrahim antar mahasiswa, menyiarkan dakwah agar unggul dan Islami serta untuk menciptakan mahasiswa yang berilmu, beradab, dan berdaya guna, sebagaimana slogan jurusan KPI UMY.

Adapun acara puncak FESDANAS ini adalah “Panggung KPI” yang diadakan di Plaza Ngasem Tamansari pada Rabu (11/5). Acara tersebut mengangkat tema “Seni dalam Dakwah”, dan juga ikut dimeriahkan oleh penampilan berbagai hiburan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di UMY dan berbagai siswa SMA sederajat di DIY. Acara FESDANAS ini juga dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dari HMJ KPI Universitas Islam As-Syafi’iyah Jakarta dan HMJ KPI Universitas Muhammadiyah Metro Lampung. Acara FESDANAS ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas agama Islam, Bapak Dr. H. Mahli Zainuddin Tago.