HIMIE UMY Tanam 100 Bibit Pohon Jambu Mete di Imogiri

Mei 2, 2013 oleh : BHP UMY

IMG_1479Dalam rangka menjaga lingkungan sekitar agar tetap hijau, Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi (HIMIE) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan tanam 100 bibit pohon jambu mete di Desa Wisata Karang Tengah Imogiri Bantul Yogyakarta. Selain untuk menjaga lingkungan, penanaman pohon ini juga merupakan sebuah proses mahasiswa untuk berinteraksi dengan masyarakat setempat.
Demikian disampaikan oleh ketua Program Studi Ilmu Ekonomi UMY, Masyhudi Muqorrobin,M.Sc., Ph.D.,Akt saat aksi penanaman 100 bibit pohon, Minggu (28/04). Dengan mengangkat tema “Menanam Sejak Dini untuk Hidup 1000 Tahun lagi” HIMIE UMY bekerja sama dengan kelompok tani Catur Makaryo di desa setempat.
Masyhudi menjelaskan bahwa mahasiswa sebisa mungkin harus bisa berinteraksi dengan masyarakat , agar ketika terjun ke masyarakat mereka sudah siap. “Kegiatan ini bekal mereka, agar nantinya masyarakatpun bisa lebih terbuka dengan mahasiswa dan juga hal ini merupakan tanggung jawab sosial mahasiswa kepada masyarakat,” jelasnya.
Selain itu, Ketua Prodi Ilmu Ekonomi UMY ini memaparkan bahwa tahun ini kita menanam bibit jambu mete. Pemilihan bibit jambu mete dikarenakan melihat manfaatnya yang begitu besar bagi masyarakat sekitar. “Jambu mete merupakan hasil unggulan petani disini, tidak hanya itu seluruh bagian dari jambu mete bisa dimanfaatkan. Dari akar, batang, kulit, buah, sampai bijinya bisa dimanfaatkan, bahkan daun dari pohon ini merupakan makanan ulat sutera,” paparnya.
Dari kegiatan ini, imbuh Masyhudi tidak akan berhenti sampai disini karena kami akan melihat proses pohon ini tumbuh. “Kami akan memantau bagaimana bibit yang kami tanam tumbuh dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar desa Karang Tengah,” imbuhnya.
Disisi lain, Ketua Panitia Amar Ma’ruf menuturkan penanaman pohon ini akan bisa menambah pendapatan per kapita di desa ini. ” Melihat manfaat dari segi ekonomi, maka dengan menanam lebih banyak lagi akan meningkatkan penghasilan warga disini nantinya,” tuturnya.

Amar berharap dengan adanya penenaman pohon ini, setidaknya akan melindungi lingkungan untuk generasi selanjutnya. “Sesuai dengan tema acara ini, kami berharap bisa melakukan hal serupa nantinya agar anak cucu pada generasi selanjutnya masih bisa merasakan lingkungan yang nyaman,” ungkapnya.