HIMAKAGI UMY Adakan Donor Darah Untuk Masyarkat Umum

September 27, 2013 oleh : BHP UMY

IMG_4552Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Himakagi UMY) mengadakan acara donor darah di RSGMP UMY Asri Medical Center, Wirobrajan (26/9). Acara yang telah menjadi agenda rutin tahunan tersebut  digelar untuk mengajak masyarkat agar mendonorkan darahnya.

Lutfi Putra Perdana selaku ketua panitia acara mengungkapkan, untuk melaksanakan kegiatan tersebut pihaknya bekerjasama dengan Asri Medical Center dan PMI Kota Jogja. Semua darah yang terkumpul, kata Lutfi, akan disalurkan ke PMI Kota Jogja. “Kegiatan ini dilaksanakan untuk menambah koleksi darah PMI kota,” terangnya.

Kegiatan donor darah yang baru baru pertama kali digelar di luar kampus UMY oleh Himakagi itu untuk menyasar khalayak umum dan akan dijadikan kegiatan rutin. Karena menurut Lutfi, selama ini kegiatan tersebut hanya digelar di dalam lingkungan kampus UMY dan pesertanya hanya mahasiswa. “Sekarang ke masyarakat sekitar. Kalau sebelumnya hanya mahasiswa di kampus. Semoga kedepannya acara ini dapat memperoleh kantung darah yang semakin banyak,”

Mahasiswa Kedokteran Gigi UMY angkatan 2012 menjelaskan acara donor darah yang ia dan rekannya adakan kali ini menargetkan  50 kantung darah. Kendati demikian, mengumpulkan darah sejumlah itu, papar Lutfi, bukanlah hal yang mudah karena banyak pendonor yang tidak lolos ketika di screening. “ Susah, karena banyak pendonor tidak lolos ketika screening. HB-nya kurang,” jelasnya.

Ia menyarankan masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya agar tidak mengkonsumisi obat-obatan minimal 5 hari sebelum mendonor. Selain itu para pendonor juga tidak boleh dalam keadaan menstruasi, dan malam sebelum mendonorkan darah, pendonor harus tidur minmal 5 jam. Lutfi menganggap pendonor darah sebagai orang yang punya solidaritas tinggi. “Pendonor itu punya solidaritas tinggi untuk menolong orang yang membutuhkan, dan gentle,” Katanya disela-sela acara.

Kegiatan donor darah kali ini, imbuh Lutfi, sengaja diselenggarakan bertepatan dengan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) yang diselenggarakan oleh pepsodent bekerjasama dengan Kedokteran Gigi UMYyang diselenggarakan di AMC. Hal itu, lanjut Lutfi, bertujuan untuk mengajak para peserta BKGN agar mendonorkan darahnya. “Kegiatan donor darah ini diikutkan dalam kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasioal biar nambah orang kesini,” pungkasnya. (Lalu)