HI UMY berangkatkan 30 orang mahasiswa ke Hanoi Vietnam

Agustus 2, 2018 oleh : BHP UMY

Program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Internatinal Relations Visit (IR Visit) yang merupakan salah satu agenda kegiatan dari Korps Mahasiswa Hubungan International Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KOMAHI UMY) kembali diadakan pada tahun 2018 ini, setelah berkunjung ke Jakarta, Malaysia dan Thailand pada tahun-tahun sebelumnya. IR Visit tahun ini memilih Vietnam sebagai destinasi IR Visit 2018. Peserta IR Visit yang terdiri dari 30 orang mahasiswa Jurusan HI UMY telah dilepas oleh Rektor UMY Dr. Ir Gunawan Budiyanto, M.P didampingi oleh Dr. Nur Azizah, M.Si selaku Ketua Prodi HI UMY dan Takdir Ali Mukti, S.Sos., M.Si. selaku Dosen Pendamping IR Visit 2018, pada Sabtu, 28 Juli 2018 bertempat di Gedung AR. Fakhrudin A Lantai 1.

Terpilihnya Vietnam sebagai destinasi IR Visit 2018 dikarenakan sejak 30 Desember 1955 Vietnam menjalin hubungan bilateral dengan Indonesia yang dimulai dengan pembukaan Konsulat RI di Hanoi dan kemudian ditingkatkan menjadi KBRI pada tanggal 10 Agustus 1964. “Kerja sama antara Vietnam dengan Indonesia meliputi banyak hal seperti politik dan pertahanan keamanan, anti-korupsi, ekonomi dan pembangunan, investasi, pertanian, kehutanan, perikanan, pariwisata, transportasi, energi, informasi dan komunikasi, IPTEK, pendidikan dan kebudayaan, kesehatan. Selain itu juga, Vietnam dan Indonesia juga bekerja sama dalam hal perdagangan. Hal itulah yang mendasari KOMAHI UMY untuk mengadakan kunjungan ke Vietnam” dikatakan oleh Takdir Ali Mukti, selaku Dosen Pembimbing IR Visit 2018.

Konsentrasi HI UMY Non governmental organization (NGO) dan Multinational Corporations (MNC) merupakan salah satu alasan program ini di adakan. “Tujuan dari diberangkatkannya mahasiswa kami melalui program IR Visit ini adalah untuk membantu mereka dalam mengetahui lebih jauh tentang instansi-instansi yang berkaitan dengan pemilihan konsentrasi di Prodi HI UMY yaitu NGO dan MNC,” jelas Takdir.

Dr. Ir Gunawan Budiyanto, M.P mengapresiasi IR Visit yang diselenggarakan oleh KOMAHI UMY. “Program IR Visit ini dapat menambah wawasan mahasiswa untuk mempelajari bagaimana kondisi dan situasi Vietnam sebagai salah satu negara di Asia Tenggara,” ungkap beliau. Dalam kunjungan IR Visit 2018 yang dilaksanakan pada tanggal 2-5 Agustus 2018, rombongan akan mengunjungi beberapa instansi yaitu KBRI Hanoi, UNESCO Hanoi, FPT University dan FPT Software. (pras)