Herry Zudianto : Wirausahawan Wajib Ikuti Perubahan

Menjadi seorang wirausahawan wajib mengikuti perubahan yang terjadi disekitarnya. Karena dalam perubahan tersebut terdapat banyak peluang dan juga tantangan yang jika dilewati dengan baik maka akan memberikan keuntungan yang luar biasa.

Hal ini disampaikan oleh H. Herry Zudianto, S.E, Akt, MM mantan Walikota Yogyakarta sekaligus pemilik Margaria Group dalam Seminar Nasional Peran Wirausaha Muda Menuju Kemandirian Bangsa yang diselenggarakan oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FE UMY) di Kampus Terpadu UMY, Kamis (10/5). Selain Herry hadir pula sebagai pembicara H. Bedi Zubaedi Presiden Direktur PT Quick Chicken Indonesia dan dimoderatori oleh Iskandar Buchori, SE, SA, M.Si dosen Prodi Manajemen UMY.

Menurut Herry, perubahan itu mencakup beberapa sisi mulai dari perubahan penggunaan teknologi dan informasi sampai dengan selera atau minat konsumen.  “Perubahan dalam bidang teknologi informasi ini harus kita cermati baik-baik, karena salah satu cara kita memasarkan produk adalah dengan menggunakan teknologi untuk itu sebagai pengusaha kita tidak boleh gaptek” jelasnya.

Herry juga mengungkapkan selain mengikuti perubahan ini wirausahawan juga harus menomer satukan karyawannya karena merekalah garda depan dalam suatu usaha. “Karyawan adalah hal yang utama dalam sebuah usaha untuk itu kita harus melayani mereka dengan sebaik mungkin sehingga ketika nanti mereka melayani para pelanggan maka akan sama seperti kita melayani mereka dengan setulus hati” ungkapnya.

Senada dengan hal itu Bedi Zubaedi menerangkan dalam menekuni sebuah usaha seorang wirausahawan harus mempunyai tekad dan motivasi yang besar. “Tekad dan motivasi yang besar ini akan bermanfaat ketika nantinya kita mengalami kerugian, maka kita menjadi lebih siap dan semakin tertantang menekuni usaha tersebut” terangnya.

Bedi juga menambahkan ada satu tips yang menjadi dasar bagi para pemula dalam bidang entrepreneurship yaitu berteman dengan orang-orang telah sukses berbisnis. “Ketika sudah berteman dengan orang yang sukses dalam berbisnis maka kita harus pandai mencuri ilmu-ilmu yang telah mereka gunakan untuk mengembangkan bisnis kita” tambahnya.

Dalam seminar tersebut juga menghadirkan salah satu mahasiswa prodi manajemen UMY Ahdiat Sayuti yang telah berhasil meraih hibah PKM Kewirausahaan sebesar Rp.10.000.000 sekaligus pemilik Prionerr Distor. Hadirnya Ahdiat bertujuan untuk memotivasi para peserta seminar sekaligus menjadi bukti keberhasilan Prodi Manajemen UMY dalam mendidik mahasiswa menjadi entrepreneur muda yang sukses.

© 2013 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | Created by Biro Sistem Informasi UMY | About the site