Hadapi Tantangan Global, EDSA UMY Gelar Lomba Pidato

Mei 11, 2015 oleh : BHP UMY

IMG_9969 (1)

Untuk menguasai dunia, kita tidak bisa hanya menguasai bahasa asing saja, melainkan dengan perkembangan zaman, cerdas dalam menggunakan teknologi juga penting. Melihat perkembangan kedua hal tersebut, pada Minggu (10/5) bertempat di Mini Teater Gedung D, EDSA UMY (English Departement Student Association) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan Lomba Pidato tingkat SMA dan SMK secara Nasional atau National English Speech Competition dengan tema Languange and Technology : Duo SIM Card to Access The World.

Berkesinambungan dengan tema yang diangkat, tujuan terselenggaranya acara ini menurut Luthfiana Umahati, selaku ketua acara mengungkapkan, EDSA melihat, bahwasannya pandai dalam menggunakan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris saja tidak cukup untuk menghadapi tantangan global. Karena itu, diperlukan keberanian untuk menyampaikan gagasan dan opini mengenai perkembangan zaman, khususnya dalam perkembangan teknologi. “Kemampuan dalam hal menguasai teknologi dan bahasa menurut kami sangat berkesinambungan, karena keduanya merupakan sebuah paketan yang harus dipunyai oleh kita, sebagai penerus bangsa, untuk menaklukan dunia luar, yaitu dengan sebuah karya dan kreatifitas, dan salah satunya dengan menyelenggarakan lomba pidato ini sendiri,” paparnya.

Acara Lomba Pidato tingkat SMA Se- Indonesia tersebut diikuti berbagai sekolah di Indonesia, meliputi SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, SMAN 1 Semarang, SMK Muhammadiyah Sempor, SMAN 3 Ponorogo, SMAN 2 Klaten, SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, MAN 1 Yogyakarta, SMAN 1 Turi, SMAN 4 Yogyakarta, SMAN 1 Rantau Pulung-Kalimantan, SMAN 1 Sedayu-Yogyakarta, dan terakhir SMAN 7 Yogyakarta.

Dukungan atas terselenggaranya acara ini juga datang dari Jurusan PBI (Pendidikan Bahasa Inggris) mewakili dari jurusan, Sri Sudarsih, selaku sekertaris jurusan PBI UMY dalam sambutannya menyatakan, dari pihak jurusan sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh EDSA, selain sebagai ajang mempromosikan jurusan PBI kepada rekan-rekan siswa SMA, acara ini juga akan membawa tantangan tersendiri bagi peserta dalam menyampaikan pidato dengan menggunakan bahasa Inggris. “Kami sangat mensuport kegiatan yang diselenggarakan EDSA tersebut, diharapkan ke depannya acara ini akan terus berlanjut, dan akan jauh lebih baik lagi,” ujarnya.

Di akhir acara, sekolah yang berhak keluar sebagai juara, yaitu untuk juara 1 diraih oleh Dian Respati Ayu, dari SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, disusul oleh Dwi Anisa dari SMAN 3 Ponorogo, juara ketiga diraih oleh Heni Febriani dari SMAN 1 Jetis, Cahayu Agda Benna dari SMA Muhammadiyah 1 yogyakarta berhasil meraih juara keempat, dan juara kelima diraih oleh Widianingrum dari SMAN 1 Semarang.