Giatkan Minat Menulis Buku Akademis, UMY Dirikan Book Store

Februari 23, 2016 oleh : BHP UMY

IMG_2964Akhir Februari 2016, UMY mendirikan “Book Store UMY” yang terletak di sisi selatan UMY Boga sebagai sarana bagi para dosen-dosen UMY untuk meningkatkan publikasi ilmiahnya. Sebagaimana diungkapan oleh Wakil Rektor I UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP, saat ini dosen-dosen UMY banyak yang telah menerbitkan buku. Meskipun saat ini baru sekitar 79 dosen, namun tahun ini target yang diinginkan setidaknya ada 100 dosen yang bisa menerbitkan bukunya sendiri. “Untuk mencapai target tersebut serta mendukung dan meningkatkan publikasi ilmiah dari para dosen-dosen UMY, maka kami mendirikan Book Store. Rencana ke depan, Book Store inilah yang nantinya akan menjadi cikal bakal bagi kami untuk bisa mendirikan UMY Press yang akan membantu para akademisi tidak hanya menjual buku namun juga memproduksi buku-buku akademis karya mereka,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, bahwa tugas seorang dosen itu tidak hanya menyampaikan ilmu kepada mahasiswanya di ruang kuliah saja. Tapi juga dituntut untuk bisa menyampaikan ilmu-ilmu yang dimilikinya kepada masyarakat luas, melalui karya-karya atau publikasi ilmiah. “Jadi, buku-buku yang disediakan di Book Store ini adalah buku-buku teks dan buku ajar akademik yang ditulis oleh dosen-dosen UMY. Book Store ini juga memfasilitasi para dosen untuk mempublikasikan karyanya pada mahasiswa maupun masyarakat. Selain itu, Book store ini tidak hanya bisa diakses oleh mahasiswa UMY, namun mahasiswa dari universitas lain juga bisa mengakses dan membeli buku-buku akademik yang kami sediakan,” ungkap Gunawan lagi.

Namun menurut Gunawan, untuk saat ini Book store UMY memang hanya menyediakan buku-buku teks ajar atau akademik hasil karya dosen UMY sendiri. Karena menurutnya, pendirian Book Store ini untuk memfasilitasi karya akademik dosen UMY yang sudah terbit dalam bentuk buku, namun belum banyak diketahui oleh mahasiswa. “Ada 134 judul buku yang kami sediakan di Book Store ini, dan semuanya adalah hasil karya dosen-dosen UMY. Ke depannya, kami juga berencana akan menggandeng penerbit-penerbit mayor lainnya untuk bisa menyediakan berbagai macam buku akademik yang bisa diakses dan dinikmati oleh mahasiswa UMY maupun masyarakat sekitar,” tutupnya.

Selain sebagai tempat untuk menyediakan buku bagi mahasiswa, Book Store UMY juga menyediakan berbagai karya kewirausahaan mahasiswa UMY yang tergabung dalam Student Entrepreneur Business Incubator (SEBI) agar bisa lebih dikenal oleh civitas akademika UMY. Saat ini karya yang ditampilkan berupa produk fashion seperti kaos, sepatu, tas, hingga perlengkapan dekorasi rumah. Bahkan juga tersedia souvenir UMY seperti gantungan kunci, stiker, pulpen, flashdisk, boneka wisuda dan lainnya.