GBN UMY Sukses Gelar SSF4

September 5, 2018 oleh : BHP UMY

Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Generasi Bakti Negeri (GBN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sukses menyelenggarakan kegiatan Saudara Sebatik Festival 4 (SSF 4) pada hari Minggu (2/4) lalu. Kegiatan kali keempat tersebut mengangkat tema “Semarak Kebhinekaan Indonesia di Teras Utara Negeri” dan diadakan di Lapangan Liang Bunyu, Sebatik Barat. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Sebatik Barat, jajaran Muspika Sebatik Barat, para Kepala Desa di Sebatik Barat, dan juga tutrut menarik minat masyarakat Liang Bunyu sekitarnya.

Faizal Akmal Hauzan, selaku ketua panitia Saudara Sebatik Festival 4, mengungkapkan bahwa festival ini merupakan sarana untuk menunjukkan seluruh kegiatan dan program GBN selama menjalani masa KKN di Desa Bambangan dan Liang Bunyu. “Saudara Sebatik Festival tahun ini merupakan tahun keempat setelah tiga tahun sebelumnya diselenggarakan di Sebatik Tengah. SSF ini merupakan sarana kami untuk menunjukkan seluruh kegiatan kami selama menjalani masa KKN,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Bupati Nunukan yang diwakili oleh Camat Sebatik Barat menyambut baik adanya kegiatan ini. “Atas nama pemerintah daerah, saya menyambut baik dilaksanakannya acara festival ini. Harapannya dengan adanya festival ini, dapat memicu semangat dan rasa cinta orang-orang kepada bangsa dan negara,” tuturnya.

Kegiatan SSF ini dibuka dengan pawai budaya yang diikuti kurang lebih 500 peserta dari pelajar se-Sebatik Barat dan masyarakat Sebatik Barat, dilanjutkan dengan pentas seni dan pameran yang berpusat di Lapangan Liang Bunyu. Selain melibatkan kalangan pelajar dan masyarakat, pentas seni ini juga melibatkan berbagai komunitas di Pulau Sebatik, seperti komunitas Reog Sebatik dan Kampung Loudres.

SSF4 tersebut merupakan salah satu program kerja yang akan menjadi penutup Tim GBN sebelum nantinya akan kembali ke Yogyakarta pada hari Minggu (9/9) besok.