GBN UMY Rayakan HUT RI ke-72 di Perbatasan

Agustus 18, 2017 oleh : BHP UMY

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Generasi Bakti Negeri (GBN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), sukses merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 di Sekolah Tapal Batas Indonesia-Malaysia, Kecamatan Sebatik Tengah, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara. Perayaan HUT RI ke-72 ini juga diselenggarakan bersama Pertamina EP Asset 5 – Tarakan Field, dan berlangsung selama dua hari, Rabu dan Kamis (16 & 17/8).

Menurut Adzkiya Brama, selaku ketua KKN GBN SSP #3 UMY, perayaan HUT RI ke-72 tersebut terdiri dari perlombaan-perlombaan yang ditujukan pada anak-anak Sekolah Tapal Batas, wali murid dan warga sekitar sekolah, serta upacara 17 Agustus. “Perlombaan-perlombaan kami selenggarakan pada hari Rabu (16/8). Selain perlombaan kami juga mengadakan acara tirakatan yang ditandai dengan penyalaan api unggun oleh Kepala Sekolah Tapal Batas dan wakil dari Pertamina EP Asset 5 – Tarakan Field. Dalam acara tirakatan ini kami juga menyanyikan lagu Generasi Bakti Negeri ciptaan Sabila Yusrina yang membuat suana malam hari itu penuh haru kebahagiaan,” jelas Adzkiya, melalui rilis yang diterima Biro Humas UMY pada Jum’at (18/8).

Sementara pada hari kedua, Kamis (17/8), imbuh Adzkiya, diselenggarakan upacara bendera yang dipimpin langsung oleh pembina upacara, Udin Hianggio selaku Wakil Gubernur Kalimantan Utara. “Pada sambutannya, bapak Udin Hianggio menyampaikan kebanggaannya pada mahasiswa GBN UMY yang telah memilih perbatasan sebagai tempat mengabdi dan memajukan pendidikan. Hal ini tentu menjadi kebanggaan sendiri bagi kami. Kami bangga dengan sambutan hangat Wagub Kaltara dan nasihat-nasihat yang diberikan, semoga kami bisa lebih amanah,” imbuhnya.

Adzkiya juga mengungkapkan terima kasihnya kepada Pertamina EP Asset 5 dan SKK MIGAS yang telah mengajak mereka bekerjasama untuk menggerakkan acara HUT RI ke-72 di daerah perbatasan. Dalam upacara 17-an ini mereka juga sekaligus membagikan hadiah lomba bagi para wali murid dan warga sekitar sekolah.

Hal senada juga disampaikan oleh Manager Legal and Relation Pertamina EP Asset 5 – Tarakan Field, Yosi Ardilah dan Kepala Sekolah Tapal Batas, Ibu Hj. Suraidah. Keduanya mengungkapkan terima kasihnya kepada mahasiswa KKN GBN UMY yang telah merancang kegiatan di Sekolah Tapal Batas dan serangkaian upacara HUT RI ke-72, serta membantu jalannya acara dari awal hingga akhir.

Sementara itu, Annisa Siwi Prastiwi, Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, yang juga salah seorang anggota KKN GBN UMY mengungkapkan bahwa melalui kebanggaan-kebanggaan tersebut secara tidak langsung masyarakat menaruh harapan kepada GBN UMY. “Harapan agar GBN UMY bisa terus berkontribusi lebih dalam mengabdikan dirinya di masyarakat. Selain itu, ini juga menjadi PR (pekerjaan rumah, red) bagi GBN untuk tetap mempertahankan gerakan pengabdiannya dan menaikkan kinerjanya supaya lebih bernilai di mata masyarakat,” tutupnya.

Sharing is caring!