FP UMY Terima Kunjungan Dari UMHAS Bali

Agustus 10, 2017 oleh : BHP UMY

Mahasiswa UMHAS saat sedang berkunjung ke Laboratorium Fakultas Pertanian UMY

Universitas Mahasaraswati (UMHAS) Denpasar Bali untuk pertama kalinya berkunjung ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Kunjungan tersebut mereka tujukan pada Fakultas Pertanian UMY dalam rangka studi banding dan diskusi mengenai pengembangan soft skill mahasiswa maupun peningkatan akreditasi fakultas. Kunjungan yang dilakukan pada Kamis (10/8) tersebut juga diikuti oleh 125 mahasiswa Fakultas Pertanian UMHAS.

Dalam kunjungan ini, Dr. Ir. Imade Sukerta, M.Si. selaku Dekan Fakultas Pertanian UMHAS serta para dosen pertanian juga turut mendampingi para mahasiswanya. Kunjungan ini diterima oleh Indira Prabasari, Ph.D selaku Dekan Fakultas Pertanian UMY dan para mahasiswa dari Himpunan Agribisnis serta Agroteknologi.

Indira Prabasari, Ph.D menyambut baik kedatangan rombongan UMHAS ke FP UMY. Dalam sambutannya, Indira menyampaikan bahwa fakultas yang dipimpinnya mengalami perkembangan setiap tahunnya, seperti peningkatan penelitan mahasiswa maupun dosen. “Fakultas kami memiliki dua prodi yaitu, prodi Agribisnis dan Agroteknologi dan telah terakreditasi A. Hal ini menuntut kami harus melakukan peningkatan dari semua aspek baik pengembangan kegiatan kemahasiswaan, pembelajaran pratikum, dan penelitian. Untuk saat ini pengembangan penelitian semakin digalakkan seperti mendukung mahasiswa untuk mengikuti Pekan Kreatif Mahasiswa (PKM). Hal ini terbukti dari keikutsertaan mahasiswa dalam PKM setiap tahunnya banyak yang lolos dan mendapat dana dari Dikti,” ujar Indira.

Indira juga menuturkan bahwa penelitian yang dilakukan dalam bidang pertanian juga bisa digalakkan oleh mahasiswa UMHAS. Terlebih jika penelitian yang dilakukan tersebut bisa mendapatkan hak paten. “Dan hal ini akan menjadi tugas bersama baik dari UMY maupun UMHAS,” imbuh Indira.

Dalam kunjungan tersebut para peserta diajak berdiskusi dan berkeliling menuju tempat praktikum/laboratorium pertanian seperti Laboratorium In Vitro (penumbuhan daun), lab Agrobioteknologi (Pemuliaan tanaman), Lab Tanah dan Pupuk (pengolahan tanah dan pupuk), Lab Pasca Panen (pengelolaan dari hasil pertanian), dan Green House Pertanian (tempat pengelolaan dan penanaman pertanian). Selain itu juga, Mahasiwa UMHAS mendapatkan pembelajaran langsung dari masing-masing pengelola lab seperti penjelasan mengenai penggunaan fungsi alat lab, serta diajak untuk mempraktikkan sesuai fungsi dari lab itu sendiri, seperti penanaman anggrek dengan media botol yang sebelumnya telah disterilkan. Kemudian peserta juga mempraktikkan pengukuran kandungan pangkat hidrogen (ph) akadar keasaman atau kebasaan pada buah-buahan.

Sementara itu Dr. Ir. Imade Sukerta, M.Si. selaku Dekan Fakultas Pertanian UMHAS menyampaikan bahwa kegiatan studi banding ini dilaksanakan setiap 2 tahun sekali. “Saya senang bisa berkunjung ke UMY, karena kampus ini merupakan salah satu universitas terbaik yang yang memiliki akreditasi A baik dari Fakultas, khusunya Prodi Agroteknologi dan Agribisnis. Untuk itu kedepannya kunjungan ini merupakan awal untuk bisa menjalin kerjasama dalam bidang penelitian, baik antar dosen maupun mahasiswa serta pengabdian kepada masyarakat bisa berkelanjutan, sehingga bisa membantu terhadap peningkatan akreditasi UMHAS,” ujarnya.

Dalam kunjungan ini, pihak UMHAS juga menyerahkan kenang-kenangan berupa patung Dewi Maharaswati kepada Fakultas Pertanian UMY. (Sumali)