FOTKA Kembali Gelar Pameran

Desember 19, 2017 oleh : BHP UMY

Fotografi Komunikasi (Fotka) yang merupakan Badan Semi Otonom (BSO) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta  (IK UMY) kembali menyelenggarakan pameran fotografi. Tahun ini merupakan tahun ke-7 diadakannya pameran  fotografi dengan mengusung tema “Palastri”. Pameran yang diselenggarakan sejak 16 Desember hingga 17 Desember 2017 ini bertempat di Cafe Melting Pot Yogyakarta, dan diikuti oleh 16 pameris dengan menampilkan karya sebanyak 160 foto.

Sultan S. Habibillah selaku ketua acara mengungkapkan bahwa tema pameran kali ini memiliki tujuan sebagai bentuk mempertautkan ekspersi tiga pesona yang memberikan keindahan.  “Seringkali kita melihat keindahan hanya terlintas sekejap saja, tanpa bisa memaknai suatu peristiwa. Dalam bingkai, keindahan tiga pesona ini merupakan semangat dalam memperjuangkan, melestarikan dan merawat yang kami abadikan melalui visualisasi foto,” papar Sultan

Sultan menambahkan bahwa tema “Palastri” dalam bahasa para penyair (kawi) berartikan memiliki tiga pesona, kawi berasal dari kata sanksakerta yakni “Kavya” yang juga memiliki arti puisi atau syair. “Kalau kita melihat negara India, tema ini ditujukan kepada  seseorang yang memiliki padangan jauh ke depan atau visioner serta dianggap orang yang bijak. Selain itu dalam kesusastraan Kawi dimaknai sebagai penyair, pencipta atau pengarang. Bahasa ini merupakan salah satu ragam tulis Jawa kuno yang pada umumnya dipakai pada masa kerajaan Hindu dan Budha. Untuk itu penggunaan bahasa Kawi ini memiliki tujuan baik yaitu menciptakan sebuah karya dengan subjek berbagai  ragam latar belakang sebagai penggambaran dari suatu keindahan,” ungkapnya.

Kembali ditambahkan Sultan, seperti kita ketahui bahwa pesona yang sampai saat ini orang identikkan hanya sebatas kemolekan manakala mata  memandang. “Akan tetapi lewat pameran foto ini kami melihat hal yang beberbada. Yaitu kemolekan kami definisikan sebagai sebuah pandangan tetang pesona dengan dedikasi di tengah riuh dan hiruk pikuk kehidupan. Begitu juga dengan “Palastri’ dalam karya foto kami  merupakan kontribusi nyata dalam merepresantasikan keindahan sekitar kita,” ujar Sultan. (Sumali.)