FKIK UMY Laksanakan Milad ke-25

November 25, 2018 oleh : BHP UMY

Dalam rangka Milad Akbar Fakultas Kedokteran dan Ilmu kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), fakultas tersebut melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan yang dimulai sejak hari Sabtu (24/11) hingga Minggu (25/11) esok. Kegiatan pertama yang dilaksanakan dalam memperingati momen tersebut adalah melakukan kunjungan ke keluarga besar FKIK UMY. Kunjungan dilaksanakan ke kediaman Prof. DR. dr. H.M Ismadi, Mantan Dekan FK, dan dr. Erwin Santosa, Sp.A, M.Kes., mantan ketua program studi Manajemen Rumah Sakit UMY.

dr Farindira Vesti Rahmasari, M.Sc., selaku ketua panitia acara menyampaikan bahwa kunjungan tersebut dilaksanakan agar mampu mempererat ikatan kekeluargaan yang ada di keluarga besar FKIK UMY.

Selain kunjungan ke keluarga FKIK UMY, diadakan pula Pengabdian Masyarakat di kompleks Sekolah Dasar Donotirto, Dukuh Donotirto, Bangunjiwo, Bantul. “Kami melaksanakan serangkaian kegiatan kesehatan yang ditujukan untuk warga, mulai dari senam sehat hingga pemeriksaan kesehatan gratis. Sekitar 200 warga turut serta dalam kegiatan tersebut. Selain itu kami juga memberikan hibah peralatan kesehatan seperti alat pengukur tekanan darah dan gula, timbangan berat badan dan bahan habis pakai lainnya sebagai tali asih kami dengan warga. Barang tersebut dikumpulkan melalui jaringan keluarga besar FKIK UMY dan akan disumbangkan ke Posyandu,” ujarnya.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut FKIK UMY juga melakukan penyuluhan kesehatan mengenai penyakit tidak menular yang kini mengalami pergeseran. “Dahulu umumnya penyakit tidak menular dialami oleh orang tua, namun saat ini terjadi pergeseran dimana sering kali anak berumur 15 tahun ke atas yang mengalaminya. Melalui penyuluhan tersebut harapannya masyarakat dapat lebih awas dalam memperhatikan lingkungan tempat anak berinteraksi, karena kasus tersebut cukup sering terjadi di kawasan Donotirto,” jelasnya

Kegiatan lain seperti pemeriksaan kesehatan gratis juga dilaksanakan dalam peringatan Milad tersebut. “Kami melaksanakan pemeriksaan kesehatan umum dan juga gigi kepada warga Donotirto, dan kegiatan tersebut dilaksanakan secara gratis. Kami juga melakukan penyuluhan intensif mengenai deteksi penyakit tidak menular kepada 30 kader dari Donotirto yang berasal dari Posyandu dan Karang Taruna setempat. Dalam kegiatan tersebut mereka akan dilatih untuk langsung praktik oleh dokter dari FKIK agar dapat diterapkan sewaktu dibutuhkan. Selain itu kami juga membuka kelas hipnoterapi untuk perokok yang ingin berhenti dari kebiasaan tersebut,” papar Farindira.

Farindira menyampaikan bahwa kegiatan serupa tidak hanya dilaksanakan pada momen milad saja namun akan berkelanjutan. “Kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara berkesinambungan tidak hanya di Donotirto, namun juga di berbagai lokasi binaan yang lainnya,” ungkapnya.