FEB UMY Terima Mahasiswa Kredit Transfer USIM

Oktober 14, 2017 oleh : BHP UMY

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FEB UMY) melakukan kerjasama program kredit transfer dengan Universiti Sains Islam Malaysia (USIM). Dalam kesempatan wawancara dengan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UMY), Dr Rizal Yaya, S.E, M.Sc., Ak, CA. mengatakan program transfer kredit ini juga menjadi salah satu hal yang bertujuan untuk mendukung cita-cita Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai Reputable International University (kampus yang memiliki reputasi internasional).

“Pada program kredit transfer yang pertama, kami telah mengirimkan 5 orang mahasiswa FEB UMY ke USIM. Kemudian untuk tahun kedua saat ini, kami mengirimkan 6 orang ke USIM, sementara dari (USIM) mengirimkan 4 orang mahasiswanya untuk belajar di FEB UMY. Keempat mahasiswa USIM tersebut juga sudah memulai kuliahnya di awal September yang lalu. Mereka juga akan manjalani kuliah di sini selama satu semester ke depan,” jelas Dr. Rizal Yaya pada Rabu (11/10) di Dekanat FEB UMY.

Dr. Yaya juga menyampaikan, dalam program kredit transfer ini, tidak sembarang mahasiswa FEB yang bisa mengikutinya. Karena ada beberapa kriteria yang harus dimiliki, dan juga harus lolos dalam seleksi yang dilakukan oleh pihak Prodi dan Fakultas. “Seleksi pertama dilakukan oleh program studi masing-masing, kemudian barulah seleksi tingkat fakultas, yang memang kami sendiri yang mewawancarai,” ujarnya.

Dr. Yaya juga tidak menampik kemungkinan, bahwa FEB UMY akan melebarkan jangkauan program kredit transfernya ke berbagai universitas, seperti Thailand, dan beberapa universitas terkemuka lainnya. Harapan Dr. Yaya agar mahasiswa memiliki antusias tinggi, karena hal ini merupakan kesempatan emas bagi seluruh mahasiswa.

Dalam kesempatan terspisah, keempat mahasiswa USIM, Ahmad Irfan Fitri Bin Mohd Hussin, Muhammad Haris Naqiuddin Bin Mude, Salmi Salwana Binti Selamat, dan Nurul Wahda Binti Mohammad Rose merasa senang bisa menjadi bagian dari UMY. Keempat mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa program studi muamalat dan administrasi di USIM, dan keempatnya di UMY mengambil program studi menejemen.

“Di sana kami tidak busa memilih kampus mana yang akan menjadi tujuan kredit transfer. Jadi dari pihak Fakultas memberikan informasi kepada kami terkait kredit transfer tersebut, dan tempatnya di UMY. Meskipun ini pertama kalinya kami ke UMY tapi kami yakin jika kampus ini merupakan kampus yang baik dan tepat untuk kami belajar,” ungkap Ahmad Irfan Fitri bin Mohd Hussin, saat diwawancarai di Biro Humas UMY pada Jum’at (13/10).

Hal senada juga disampaikan oleh Muhammad Haris Naqiuddin bin Mude. “Benar. Kami merasa senang bisa belajar di kampus UMY ini. Suasana belajarnya asik, mahasiswa UMY nya baik dan ramah, kompetisi belajar di sini juga sangat terlihat. Kami senang bisa belajar di sini,” imbuh Haris. (darel)

Sharing is caring!