Farmasi UMY Raih Juara 2 Olimpiade Farmasi Klinik 2016

November 1, 2016 oleh : BHP UMY

d2x_0015Jurusan Farmasi UMY meraih juara 2 dalam Olimpiade Farmasi Klinik Indonesia (OFKI) 2016 di Badan Pelatihan Kesehatan (Bapelkes), Denpasar, Bali 27-28 Oktober 2016. Tim Farmasi UMY berhasil memborong 2 emas dan 2 perunggu dari total 7 cabang yang dilombakan. Dalam OFKI, UMY mengrimkan dua team, masing-masing terdiri dari 3 orang.Tim A terdiri dari Komarudin, Aiyun Astiani, dan Danang Aji Wiguna dan Tim B terdiri dari M.Deni, Aulia Rahma, dan Amirah Haerani.

OFKI atau Olimpiade Farmasi Klinik Indonesia merupakan salah satu ajang bagi mahasiswa farmasi Indonesia untuk berkompetisi serta menguji kemampuan dan pengetahuannya dalam dunia farmasi klinik. Acara ini diadakan oleh APTFI (Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia) bekerjasama dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia melalui Badan Pelatihan Kesehatan (Bapelkes). Terdapat 7 cabang lomba yang dilombakan yaitu poster, Lomba Karya Tulis Ilmiah, Pharmaceutical Care and Case Report, Self Medication tournament, Patient Counseling Event, Cerdas Cermat Farmasi Klinik, dan Debat Kefarmasian. Sebanyak 35 tim bertanding berasal dari universitas di seluruh Indonesia.

Komarudin selaku ketua rombongan, yang diwawancarai oleh tim BHP UMY pada hari Kamis (1/11) mengungkapkan bahwa UMY mendapatkan 5 medali dalam lomba tersebut. “Kami mendapat juara 1 Lomba Debat Kefarmasian, Juara 1 LKTI, Juara 3 Cerdas Cermat Farmasi Klinik, Juara 3 Lomba Poster dan penghargaan individual  untuk best speaker,”ujarnya.

 “Tim A UMY mendapat jalan yang mulus dan masuk final dalam semua cabang dan akhirnya mendapat 3 medali. Sementara tim B mendapat 1 medali untuk kategori lomba Poster. Alhamdulilah, hasil yang patut kita syukuri,”tambahnya.

Komarudin melanjutkan, dirinya dengan tim tidak menyangka akan mendapat banyak medali. Untuk itu dia mengaku bersyukur atas capaian ini. “Tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi OFKI ini, kami hanya melakukan pelatihan untuk penulisan karya tulis dan pembuatan poster. Namun dengan persiapan yang minim, kami dapat menampilkan performa terbaik dalam lomba. Kuncinya adalah belajar sesuai tema dalam OFKI ini, yaitu penyakit degeneratif dan saling percaya antar teman,”ujar peraih best speaker tersebut.

Komarudin berharap dengan raihan juara 2 ini, UMY bisa mempertahankan prestasi ini sekaligus memperbaikinya di tahun depan.” Prestasi kali ini sekaligus memperbaiki torehan medali tahun 2015 yang hanya mendapat 1 emas. Semoga prestasi UMY dapat dipertahankan sekaligus ditingkatkan di tahun depan, “harapnya. (bagas)