Family Gathering dan Refleksi Program Pascasarjana dalam HUT ke-22 Tahun

November 30, 2019 oleh : BHP UMY

Dalam mempererat tali silaturahmi, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan Family Gathering dan Refleksi di pelataran Gedung Pascasarjana yang dihadiri pejabat struktural, staff dosen, dan tenaga pendidikan baik yang masih mengabdi di UMY maupun tidak, pada Jumat (29/11) malam. Acara ini sekaligus memperingati HUT Program Pascasarjana UMY yang ke-22 tahun, meski sejatinya jatuh pada bulan Agustus lalu.

Sejak pertama kali hadir pada 1997, Program Pascasarjana UMY memiliki delapan direktur berbeda, dengan saat ini dipimpin oleh Ir. Sri Atmaja P. Rosyidi, ST., MSc.Eng., Ph.D., PE. Sepanjang eksistensinya, Program Pascasarjana juga sudah memiliki tujuh program Magister dan tiga program Doktor.

Dari semua hal yang sudah dilalui, Sri Atmaja mengibaratkan Program Pascasarjana UMY seperti sebuah bahtera yang diisi oleh elemen penting untuk mencapai cita-cita bersama. “Tujuan dari diadakannya acara ini adalah sebagai ajang silaturahmi bersama, dan Program Pascasarjana itu diibaratkan seperti bahtera yang kita dayung bersama, yang kita arahkan bersama, menuju cita-cita kemaslahatan, kesuksesan serta kebaikan. Sehingga seluruhnya berperan, baik itu direktur sampai temen-temen cs dan staff pengamanan. Semuanya berperan penting dalam perjalanan bahtera Pascasarjana UMY hingga 22 tahun.”

Maka dari itu, Sri Atmaja menekankan bahwa jalinan kebersamaan ini harus terus berlanjut demi memajukan Program Pascasarjana UMY. Meski tak dipungkiri dinamika pascasarjana sangat luar biasa, bongkar pasang posisi pejabat structural, staff, dosen, dan karyawan begitu dinamis. “Hal itu menunjukkan bahwa kebutuhan akan gerak Pascasarjana ke depan menjadi semakin dinamis, semakin berat tugas dan tanggung jawabnya. Pimpinan Universitas juga memberikan garis yang cukup tebal agar Pascasarjana harus memberikan manfaat bukan secara finansial tapi dalam bentuk keunggulan dengan setiap prodinya harus berakreditasi A,” imbuhnya.

Perjuangan Pascasarjana UMY kedepannya akan semakin berat, dengan cita-cita awal yaitu menjadi unggulan di Asia Tenggara yang sesuai dengan visi Pascasarjana UMY. “Kesuksesan dan keberhasilan bisa kita raih dengan bekerja bersama, dengan saling bahu-membahu, saling bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja ikhlas. Kita berharap bersama Pascasarjana bisa menjadi wajah dari persarikatan Muhammadiyah, etalase kita kedepan sebagai gerbang tercapainya suatu pemikiran-pemikiran baru, yang kritis dan membangun demi menggapai peringkat terbaik nasional maupun global,” pungkas direktur Pascasarjana, Sri Atmaja. (Hbb)