UMY menyadari bahwa masih banyak anak bangsa yang berpotensi namun terhambat keinginan kuliahnya karena kesulitan biaya. UMY saat ini menyediakan beragam skema mahasiswa yang berasal dari sumber dana UMY sendiri maupun dari luar UMY.

Dari UMY

Beasiswa Umum

Jenis beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa berprestasi dengan ketentuan akademik dan kuota yang ditentukan oleh masing-masing fakultas. Syarat pengajuan beasiswa ini adalah dengan melampirkan kartu mahasiswa dan transkip nilai. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan bantuan berupa pembebasan uang SPP tetap selama dua semester. Pembukaan untuk beasiswa ini dilakukan pada bulan Maret – Mei. Umumnya, terdapat sekitar 10-15 penerima beasiswa bagi masing-masing fakultas.

Beasiswa Prestasi Utama

Jenis beasiswa yang mengharuskan calon penerima beasiswa ini untuk membuat makalah yang kemudian dipresentasikan selain syarat kartu mahasiswa dan transkip nilai. Beasiswa ini juga diprioritaskan bagi mahasiswa yang aktif dalam organisasi. Pelaksanaan pada bulan Maret – Mei dan dipilih tiga orang untuk mendapatkan uang pembinaan.

Beasiswa Prestasi Khusus

Jenis beasiswa bagi mahasiswa berprestasi yang mempunyai kegiatan akademik maupun ekstrakurikuler. Untuk itu, syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan beasiswa ini adalah Sertifikat prestasi yang pernah raih selain kartu mahasiswa dan transkip nilai. Pelaksanaan dilaksanakan pada bulan Maret – Mei. Penerima beasiswa ini juga akan mendapat uang pembinaan.

Dari Kopertis Wilayah V

Beasiswa Super Semar

Jenis beasiswa yang mensyaratkan kartu mahasiswa dan transkip nilai untuk mendapatkan beasiswa senilai Rp 1.800.000,-/tahun. Penerimaan beasiswa jenis ini dilaksanakan sekitar bulan Februari – Maret.

Beasiswa BBM

Jenis beasiswa yang diperuntukkan sebagai salah satu cara untuk dapat membantu meringankan beban biaya kuliah sehingga penyelesaian masa studi tertunda. Dengan pemberian beasiswa ini, pemberi beasiswa berharap mahasiswadapat meringankan beban orang tua/ walinya, mampu meningkatkan prestasi akademik, dan membantu agar studi mereka dapat diselesaikan tepat waktu. Mahasiswa penerima beasiswa ini akan mendapat bantuan senilai Rp 250.000,-/bulan/ mahasiswa selama 12 bulan. Penerimaan beasiswa ini dilaksanakan bulan Februari-Maret.

Syarat yang harus dipenuhi oleh calon penerima beasiswa adalah masih tercatat sebagai mahasiswa S-1 minimal semester IV dan maksimal semester X. Memiliki IPK pada tahun terakhir minimal 2,50 dan diprioritaskan bagi IPK 3,00 keatas. Bagi mahasiswa perpanjangan IPK minimal sama dengan IPK saat pengajuan pertama. Tidak berstatus sebagai penerima beasiswa atau sedang mengajukan beasiswa yang lain.

Beasiswa diutamakan bagi mahasiswa yang aktif dalam kegiatan kemahasiswaan yang diprogramkan oleh Perguruan Tinggi. Berasal dari keluarga tidak mampu dengan penghasilan maksimal Rp 1.500.000,- bagi orang tua/ wali dengan tanggungan satu anak kuliah dan maksimal Rp 2.250.000,- bagi orang tua/ wali dengan tanggungan dua anak kuliah atau lebih.

Beasiswa PPA

Beasiswa yang sejenis dengan Beasiswa BBM, namun beasiswa PPA lebih diprioritaskan bagi mahasiswa eksakta, seperti mahasiswa Fakultas Teknik dan Kedokteran. Tersedia sekitar 400 kuota penerima beasiswa PPA dan BBM per tahunnya.

Dari Luar UMY

Beasiswa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi DIY

Jenis beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dengan menunjukkan keterangan sebagai penduduk asli DIY selain kartu mahasiswa dan transkip nilai. Besarnya beasiswa senilai Rp 1.800.000,-/tahun yang pelaksanaannya pada bulan September. Terdapat kurang lebih enam kuota bagi penerima beasiswa ini.

© 2013 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | Created by Biro Sistem Informasi UMY | About the site