Aturan Akademik

Ketentuan Umum

Mahasiswa diwajibkan mengikuti perkuliahan, seminar, praktikum dan kegiatan akademik sejenisnya sesuai dengan rencana studi secara tertib dan teratur menurut ketentuan yang berlaku. Perkuliahan diselenggarakan dengan sistim Satuan Kredit Semester (SKS), untuk program Sarjana (S1) sekurang-kurangnya 144 SKS dan sebanyak-banyaknya 160 SKS dijadwalkan untuk 8 semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 8 semester dan selama-lamanya 14 semester setelah pendidikan menengah. Perkuliahan dilaksanakan pada semester ganjil dan semester genap yang terdiri atas 16 sampai 19 minggu kuliah atau kegiatan terjadwal lainnya untuk setiap semester

Perkuliahan

  1. Kegiatan perkuliahan dapat dibedakan menjadi perkuliahan teori, pratikum dan kerja lapangan.
  2. Perkuliahan teori adalah perkuliahan yang sifatnya mengkaji dan menguasai teori, konsep, dan prinsip suatu bidang studi
  3. Perkuliahan pratikum adalah perkuliahan yang sifatnya menghasilkan teori dalam sistuasi dan kondisi yang terbatas, misalnya dilaboratorium, kelas, workshop dan sebagainya.
  4. Kuliah kerja lapangan adalah perkuliahan yang sifatnya mengaplikasikan teori dalam bentuk kerja nyata dilapangan.
  5. Perkuliahan terdiri dari kegiatan tatap muka, terstruktur, dan mandiri
  6. Kegiatan tatap muka adalah kegiatan perkuliahan terjadwal, dosen dan mahasiswa saling berkomunikasi secara langsung berupa ceramah, diskusi, tanya jawab, seminar atau kegiatan akademik lainnya.
  7. Kegiatan terstruktur adalah kegiatan belajar diluar jam terjadwal, mahasiswa melaksanakan tugas dari dan dalam pengawasan desen yang berupa tugas-tugas pekerjaan rumah, penulisan laporan, penulisan makalah, penelitian atau kegiatan lain yang sejenis.
  8. Kegiatan mandiri adalah kegiatan belajar yang diatur oleh mahasiswa sendiri untuk memperkaya pengetahuannya dalam rangka menunjang kegiatan terstruktur yang berupa belajar diperpustakaan, wawancara dengan nara sumber, atau kegiatan lainnya yang sejenis.

Tata Tertib

  1. Mahasiswa wajib mengikuti kuliah, praktik, dan kegiatan akademik lain yang diselenggarakan fakultas sesuai dengan kalender akademik
  2. Mahasiswa yang tidak hadir pada suatu kegiatan akademik atau perkuliahan wajib menyampaikan surat pemberitahuan tentang alasan ketidakhadirannya.
  3. Mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan tatap muka sedikitnnya 80%(delapan puluh persen ) kecuali karena ada hal lain yang berada di luar kemampuannya.
  4. Jika kegiatan perkuliahan tidak dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, dosen wajib memberitahu mahasiswa dan mengusahakan waktu lain sebagai pengganti.
  5. Setiap mengikuti kegiatan akademik mahasiswa diwajibkan memiliki / membawa Kartu Mahasiswa Aktif

Heregistrasi

Ketentuan Heregistrasi

  1. Membayar lunas SPP dan biaya lain yang ditetapkan universitas
  2. Mahasiswa dinyatakan aktif setelah melakukan pembayaran Heregistrasi, melakukan Key-in dan mengambil Kartu Mahasiswa Aktif

Keterlambatan Heregistrasi

Mahasiswa yang terlambat melakukan Heregistrasi maka dikenakan biaya administrasi yang besarnya seseuai dengan Surat Keputusan Rektor

Mahasiswa yang tidak aktif tanpa ijin cuti dan akan aktif kembali pada semester berikutnya maka terkena beban administrasi yang besarnya seseuai dengan Surat Keputusan Rektor

Cuti Kuliah

Prosedur Cuti Kuliah

Prosedur yang harus ditempuh mahasiswa yang akan mengajukan cuti akademik, adalah sebagai berikut:

  1. Mengambil form permohonan cuti di Bagian Tata Usaha Fakultas.
  2. Mengisi blangko permohonan cuti tersebut dan minta persetujuan Pimpinan Program Studi / Pimpinan Fakultas
  3. Menyerahkan blangko permohonan cuti yang telah diisi dan disetujui Pimpinan Program Studi / Pimpinan Fakultas ke universitas Cq Biro Akademik dengan dilengkapi :
    1. Surat Keterangan Bebas Perpustakaan UMY
    2. Bukti pembayaran biaya administrasi cuti
    3. Mahasiswa dapat mengajukan perpanjangan ijin cuti kuliah untuk semester berikutnya
    4. Pengajuan permohonan cuti kuliah paling lambat 6 minggu setelah masa Key-in (sesuai Kalender Akademik).
    5. Selama kuliah di UMY mahasiswa hanya diperbolehkan cuti paling lama 4 semester dan tidak boleh diambil secara berurutan.

Prosedur Aktif Kembali dari Cuti

Mahasiswa yang mengambil cuti akademik dapat aktif kembali kuliah dengan persyaratan sebagai berikut:

  1. Membayar biaya Heregistrasi
  2. Melakukan Key-in

Pindah

Dari Perguruan Tinggi Lain

Berikut ini persyaratan pindah dari perguruan Tinggi lain:

  1. Mengajukan permohonan pindah dengan mendapat persetujuan / pengesahan dari Dekan Fakultas Cq. Ketua Program Studi ditujukan kepada Rektor
  2. Setelah mendapat surat persetujuan dari Dekan fakultas, surat tersebut dibawa ke universitas Cq. Biro Akademik untuk dibuatkan Surat Keterangan Pindah dengan dilampiri :
    1. Surat Keterangan bebas Perpustakaan Daerah
    2. Surat Keterangan bebas Perpustakaan UMY
    3. Surat Keterangan bebas pembayaran SPP
    4. Surat Keterangan bebas pembayaran Sodaqoh Jariyah
    5. Kartu Mahasiswa yang masih berlaku

Syarat Pindah Fakultas atau Program Studi di lingkungan UMY

  1. Mengambil surat pengantar pindah kuliah di Biro Penerimaan Mahasiswa Baru
  2. Mengajukan permohonan dan persetujuan pindah kepada Dekan Fakultas Cq. Ketua Program Studi asal (lama)
    1. Mengajukan permohonan dan persetujuan pindah ke Dekan Fakultas Cq. Ketua Program Studi yang akan dituju dengan membawa transkrip nilai dari fakultas / program studi lama
    2. Menyerahkan persetujuan pindah ke Biro Biro Penerimaan Mahasiswa Baru untuk melakukan proses penerimaan mahasiswa baru meliputi : pendaftaran dan seleksi
    3. Setelah dinyatakan lolos seleksi maka wajib mengikuti registrasi sebagai mahasiswa baru dengan mengisi form pindah program studi di Biro Akademik
    4. Melakukan registrasi dan melengkapi persyaratan registrasi sebagai mahasiswa baru

Yudisium dan Wisuda

Yudisium

  1. Mengajukan pendaftaran / mengisi blangko di fakultas
  2. Telah menempuh seluruh mata kuliah
  3. Telah lulus ujian skripsi / pendadaran
  4. Nilai D maksimal 5 MK (15%)
  5. Bebas tunggakan SPP

Wisuda (Download Persyaratan Wisuda disini)

  1. Sudah dinyatakan lulus yudisium
  2. Mengisi form pembuatan ijazah, data buku wisuda dan KAUMY
  3. Membayar biaya wisuda yang besarnya ditentukan dengan SK Rektor
  4. Menyerahkan persyaratan / kelengkapan :
    1. Foto copy STTB SLTA 1 lembar
    2. Foto copy akta kelahiran
    3. Foto copy Kartu Mahasiswa Aktif
    4. Surat bebas pustaka dari Perpustakaan UMY dan Perpusda DIY
    5. Pas photo hitam putih ukuran 4 X 6 sebanyak 6 lembar
    6. Pas photo hitam putih ukuran 2 X 3 sebanyak 2 lembar
    7. Pas photo berwarna ukuran 2 X 3 sebanyak 2 lembar

Kelulusan Mahasiswa

Mahasiswa dinyatakan lulus / selesai studi apabila telah menyelesaikan seluruh program pendidikan / beban studi dan telah dilakukan yudisium serta mengikuti wisuda untuk memperoleh Ijazah

Predikat kelulusan yang dinyatakan pada Transkrip Akademik untuk Program Diploma dan Program Sarjana terdiri atas 3 tingkat yaitu :

a. IPK 2,00 – 2,75 : Memuaskan
b. IPK 2,76 – 3,50 : Sangat Memuaskan
c. IPK 3,51 – 4,00 : Dengan Pujian / Cumlaude

Predikat kelulusan Dengan Pujian ditentukan dengan memperhatikan masa studi maksimum yaitu n tahun (masa studi minimum) ditambah 1 tahun

© 2013 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | Created by Biro Sistem Informasi UMY | About the site