Duta Besar Thailand Kunjungi Mahasiswanya di UMY

September 11, 2013 oleh : BHP UMY

MG_5387HE Mr Paskorn Sriyaphan, Duta Besar Thailand untuk Indonesia berkunjung ke UMY pada Selasa (10/9)  untuk melihat perkembangan akademis puluhan mahasiswa Thailand yang sedang menjalani perkuliahan di UMY baik di Fakultas ISIPOL, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Kedokteran .

Paskorn yang disambut oleh Rektor UMY, Prof. Bambang Cipto, menyampaikan terimakasih pada Rektor UMY yang sudah berkenan mendidik mahasiswa Thailand di kampus UMY. Selain itu, Paskorn juga menilai UMY sangat peduli pada mahasiswa, tanpa pandang etnis ataupun kewarganegaraan. “Saya mendengar bahwa UMY sangat peduli pada mahasiswa asing, terutama dalam mengurus surat ataupun kebutuhan seperti visa, tempat tinggal dan hal- hal lain”, katanya. Namun menurut Prof. Dr. Bambang Cipto, M.A kepedulian tersebut dikarenakan UMY memiliki prinsip bahwa mahasiswa itu adalah amanah yang harus dipertanggung jawabkan UMY, “mahasiswa itu amanah, jadi kami berusaha untuk menjaga amanah tersebut tanpa pandang bulu,” terang Prof, Bambang.

Di kesempatan yang sama, Duta Besar Thailand juga melakukan audiensi bersama 29 mahasiswa UMY asal Thailand yang hadir. Dalam audiensi tersebut Paskorn memberikan motivasi pada mahasiswanya supaya lebih giat dan tekun dalam belajar. Selain itu mahasiswa Thailand nantinya berkesempatan untuk membantu diplomasi bagi kedutaan Thailand untuk Indonesia. “Ingat kesuksesan itu didapat dari ketekunan dan kerja keras. Setelah selesai kuliah nanti hendaknya ilmu kalian bisa untuk membantu di kedutaan Thailand”, tegas Paskorn

Selain itu Paskorn juga memantau  kegiatan dan fasilitas mahasiswa. Salah satu mahasiswa Thailand, Adul Leesen (IPIREL 2010) menyampaikan bahwa di UMY ada American Corner dan fasilitas-fasilitas lain yang sangat membantu proses belajarnya. Bahkan setelah menyadari keberadaan American Corner, Paskorn mengatakan bahwa sudah ada niat dari Kedutaan Thailand untuk membuat Thailand Corner di UMY, “kita juga berniat untuk membuat Thai Corner di UMY, nanti akan kita bicarakan dengan pihak kampus untuk kelanjutannya,” terang Dubes Thailand ini. (syah)